Header Ads

Amerika dan Boom

waktu saya SMA dulu ada mata pelajaran seni rupa yang diadakan dalam tiga tahun. pertama kali dalam 10 tahun seni rupa diajarkan dalam tiga tahun, biasanya hanya satu tahun. terlepas dari berapa tahun diajarkan, ada satu materi yang sampai saat ini masih saya ingat yaitu tentang sibol-simbol yang merupakan dasar dari seni rupa sejak zaman purba dahulu hingga sekarang. perhatikan gambar diatas, menurut anda, gambar apa? gambar anak TK? gambar orang depresi? itu adalah simbol dari ledakan yang tiba-tiba atau bom. mengapa? lihat, di bagian tengah atau titik pusat yang sempit kemudian semakin keluar semakin menyebar layaknya bom. bom ketika keadaan belum meledak adalh sebuah titik, tetapi ketika meledak akan menyebar kemana-mana efeknya.
ada satu hal yang membuat saya penasaran. ketika semester 3 saya diajar oleh salah seorang dosen lulusan jepang. kata beliau tulisan kanji untuk "amerika" adalah seperti gambar diatas.
mungkinkah dua hal tersebut berkaitan? jika iya, maka orang jepang melihat bahwa amerika adalah sumber kerusakan layaknya sebuah bom yang saat ini sedang dalam keadaan diam, dan suatu saat akan meledak "kembali".
tetapi arti dari suatu simbol tergantung siap yang membacanya. bagaimana dengan anda? terserah anda sendiri