Header Ads

"selamat" hari anak...

Mungkin banyak yang lupa, tanggal berapa hari anak dirayakan. karena memang selama ini anak-anak kurang mendapat respon di hati kita semua. mungkin baru tanggal 23 juli pagi, masyarakat mengetahui kalau tanggal 23 juli adalah hari anak. karena tidak tahu kalau ada hari anak, apakah ada dan perlu diadakan perayaan?


banyak yang menyoroti hari anak dengan pendidikan yang serba bermasalah di negeri ini. memang, selama ini pendidikan untuk anak-anak masih belum optimal, masih banyak penyimpangan, masih belum merata, dan sebagainya. akan tetapi apakah hanya itu satu-satunya faktor yang harus diperhatikan?


buah apel jatuh tidak jauh dari pohonnya. anak-anak tidak hanya perlu pendidikan formal yang semakin digalakkan. satu contoh lebih baik daripada seribu nasehat. mereka perlu teladan dari para orang tua. orang tua disini adalah semua orang di Indonesia yang umurnya lebih tua daripada mereka. mereka perlu teladan yang baik dari para pemilik jabatan di negeri ini. jika para orang tua telah memberi contoh yang tidak baik semisal mencuri, korupsi, berselisih yang berujung kematian, tidak saling menghargai pendapat, menipu, dan sebagainya, hal itulah yang akan ditiru oleh anak-anak.


kita dapat mengambil contoh bahwa pendidikan formal bukan satu-satunya faktor. para koruptor yang kini masih duduk di senayan, apakah mereka tidak pernah lulus SD. mereka adalah para lulusan perguruan tinggi, bahkan gelarnya telah berlapis-lapis. tetapi, mereka jugalah yang melakukan kerusakan. contoh lain, kasus Gayus Tambunan, apakah ia belum pernah merasakan pendidikan? ia adalah lulusan sekolah tinggi milik pemerintah. tetap saja melakukan korupsi. atau contoh di beberapa universitas, banyak mahasiswa melakukan tawuran antar sesama mahasiswa. mereka juga para kaum terpelajar... tidak ada yang salah dengan pengajaran di kelas. hanya saja mereka tidak pernah merasakan contoh akhlak yang baik dari para orang tua...


akankah anak-anak yang mana kita rayakan keberadaannya hari ini pada hari yang akan datang menjadi seperti itu? na'udzubillah...


siapkan generasi dengan contoh yang baik atau kehancuran akan semakin dekat...