Header Ads

Mengapa sih Kita Sekolah?

setelah memasuki usia empat tahun lebih di kampus ini, kini mulai terfikirkan sebuah pertanyaan "mengapa kita sekolah?" jika dihitung-hitung, 1 tahun TK, 6 tahun SD, 3 tahun SLTP, 3 tahun SLTA, 4 tahun kuliah S1. jadi sudah 17 tahun merasakan bangku sekolah. kemudian tujuannya apa? sebuah pertanyaan yang mungkin terlambat untuk ditanyakan, tapi lebih baik daripada tidak ditanyakan dan tidak disadari sama sekali. kata orang tua kita dan orang-orang di sekitar kita termasuk guru-guru kita, kita sekolah agar kita dapat memperoleh kerja dan mendapatkan kehidupan yang layak. benarkah demikian?


mungkin ini hanyalah idealisme seseorang yang belum pernah hidup dalam dunia nyata karena terlalu lama sekolah. banyak orang mengibaratkan sekolah adalah sebuah investasi agar dapat memperoleh sesuatu yang lebih besar. dengan sekolah diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang besar posisi yang baik dan dilihat orang sebagai orang yang terpandang (baca: berpangkat). inilah yang membuat kita terkungkung dalam posisi yang materialistis. inilah awal dari kehidupan berkorupsi kita. semua hanya dinilai dengan uang. jika kita hitung-hitung lagi, berapa investasi yang telah dikeluarkan dengan posisi pendidikan lulus S1? kalau TK dan SD mungkin belum terlalu terasa karena masih menggunakan jumlah uang di masa lampau yang cukup signifikan jika dibanding sekarang. SMP dan SMA mulai terasa adanya pengeluaran. tetapi dengan melihat uang kuliah selama 4 tahun saja, sudah cukup untuk menggambarkan tentang pengeluaran selama sekolah. anggap pengeluaran selama kuliah untuk SPP saja 30 juta. belum ditambah dengan uang saku. akan lebih terasa jika semua uang selama sekolah dijumlahkan. anggap 70 juta telah dikeluarkan untuk sekolah selama 17 tahun.


kemudian, kite kembali kepada tujuan kita sekolah. jika hanya untuk berinvestasi, kita terlalu lama rugi. bagaimana tidak, investasi selama 17 tahun adalah waktu yang terlalu lama. untuk balik modal pun akan membutuhkan waktu yang lama. anggap saja penghasilan setelah mendapatkan kerja dalam sebulan adalah 1 juta (anggap penghasilan bersih), butuh 70 bulan dung.... 70 bulan sama dengan 5,8 tahun. itu kalau beruntung. masih banyak dan sangat banyak lulusan S1 yang tidak mendapat pendapatan bersih sebesar itu, bahkan yang nganggur pun lebih banyak lagi. masih lagi, banyak yang mendapat pekerjaan tidak sesuai dengan bidang kulianya.


pada akhirnya, investasi 17 tahun itu seakan-akan harus kita kembalikan dalam waktu dekat. entah bagaimana caranya, banyak yang menggunakan caranya masing-masing, bahkan yang tidak halal pun digunakan.



kemudian kita sekolah untuk apa? "untuk mendapatkan ilmu". banyak yang bertanya "apa gunanya ilmu kalau tidak dapat kerja?" Allah sudah menjawabnya, Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. apakah kita masih akan meragukan pernyataan Allah?


sekolah adalah untuk mendapatkan ilmu. pekerjaan, gaji, jabatan, adalah manfaat yang dapat diperoleh jika kita berilmu. apakah iya......????



* kita lanjutkan di posting selanjutnya.


** afwan jika tidak sesuai dengan pendapat anda. saya berhak pendapat, anda berhak berpendapat pula.