Header Ads

Jangan Suka Mengeluh

sering kali aku merisaukan keluhan yang keluar dari para guru baru khususnya guru SD baik yang ada di status facebook, atau tulisan-tulisan yang lain, atau bahkan di dunia nyata. mereka sering mengeluhkankan nakalnya anak-anak di sekolah itu. entah ada yang ramai di kelas, ada yang suka berkelahi, ada yang saling mengejek hingga menangis, atau apa lah yang sering menjadi permasalahan di kelas.


padahal, memang seperti itulah sifat anak-anak. tugas guru adalah membuat agar kenakalan mereka tidak semakin menjadi. menghadapi kenakalan yang seperti itu harusnya telah dipahami oleh mereka para guru sebelum memutuskan untuk menjalani pendidikan guru dan sebelum memutuskan untuk menjadi guru. ataukah mereka, mungkin juga kita, menjalani kehidupan sebagai guru, entah guru apapun, hanya demi mendapatkan nafkah?


saya rasa tidak ada yang salah dengan mencari nafkah dengan menjadi guru. akan tetapi, kita harus kembali mensucikan niat. selama kita berjuang demi akhirat, dunia akan melayani kita. terdengar sangat idealis memang, tapi, kita mesti ingat masih terlalu banyak orang yang bekerja, khususnya mengajar semata-mata bukan karena uang sebagaimana di pedalaman sana. mereka memang ingin seperti yang lain, bekerja demi uang, tapi kondisi yang tidak memungkinkan, akhirnya dengan keterpaksaan mereka mengubah niatnya. atau, di kolong jembatan, banyak pengajar yang rela mengajar tanpa meminta imbalan. mereka pun bekerja bukan demi uang tetapi demi orang lain.


mungkin kita membandingkan antara guru-guru yang biasa dengan mereka yang bekerja dalam keterbatasan dengan parameter yang berbeda. tapi, tidak seharusnya pula kita bekerja khususnya mengajar dengan penuh keluhan. jika memang anda masih ingin mengeluh, keluarlah sementara waktu dari institusi tempat anda bekerja. hal ini untuk menjaga pekerjaan anda.


mungkin anda mengatakan, "yang nulis saja belum merasakan bekerja kok". memang saya belum pernah bekerja, tapi, bukankah kita sama-sama hidup di dunia yang sama? uang yang kita gunakan juga sama? ada banyak hal yang mendasari saya bisa mengatakan demikian. dan saya hanya bisa berdoa, ketika suatu saat nanti saya bekerja, saya bekerja bukan untuk diri saya semata tapi masih ada sekitar saya yang bisa saya bantu. semoga saya tidak membudayakan mengeluh karena tulisan ini juga adalah keluhan. OK... ^_^