Header Ads

Never Ending Innovation

inovasi, sesuatu yang bagi sebagian orang sebagai momok yang amat sangat menakutkan, tapi bagi sebagian orang yang lain adalah suatu surga dunia. menurut http://kamusbahasaindonesia.org inovasi berarti penemuan baru yg berbeda dr yg sudah ada atau yg sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). menurut http://oxforddictionaries.com, innovation berarti a new method, idea, product, etc. atau dari kata aslinya innovate yang berarti make changes in something established, especially by introducing new methods, ideas, or products. atau arti yang lain introduce (something new, especially a product). jadi kata kunci dari inovasi adalah "make a new one".


banyak orang berkata "aku bukan orang yang kreatif", "aku tidak tahu bagaimana berinovasi", atau pernyataan-pernyataan lainnya yang sejenis. benarkah berinovasi itu aktivitas yang benar-benar sulit sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya? kalau benar demikian, mengapa banyak perusahaan multinasional atau minimal perusahaan daerah tumbuh dan berkembang di dunia ini? kalau pernyataan-pernyataan itu benar, mengapa setiap sekian detik selalu ada update status yang baru di situs-situs social network?


sebenarnya manusia diciptakan sebagai makhluk yang inovatif yang mau tidak mau selalu berinovasi. tanpa kita sadari, kita telah melakukan sesuatu yang mengarah kepada "inovasi" hanya saja belum terlalu signifikan. ibaratnya, jika kita ingin menyalakan lampu kamar, kita membutuhkan listrik sebesar 220 volt tapi kita hanya memiliki sebuah batu baterai dengan 1.5 volt. kita bukan batu baterai, kita bisa meningkatkan kemampuan kita untuk berinovasi. jika kita bertahan dengan 1.5 volt saja, kita pun tetap bisa menghasilkan sesuatu yang inovatif, yang berbeda dengan orang lain. jadi anda sendiri yang lebih tahu apa yang bisa menjadikan anda menjadi inovatif. banyak yang bisa membangkitkan kreatifitas dan inovasi kita. paling ekstrim adalah atas dasar kepepet. jika dalam posisi kepepet, kita akan melakukan apapun bahkan sesuatu yang kita anggap impossible ternyata dalam kondisi itu kita bisa melakukannya. kalau tentang hal ini silakan baca buku "The Power of Kepepet".


sebenarnya, apa-apa yang ada di hadapan kita saat ini adalah buah dari inovasi. monitor komputer sudah pasti, di samping anda ada pena itu juga buah inovasi, musik yang kita dengarkan, UFD yang beraneka bentuk, mouse yang warna-warni, kabel yang ruwet, lukisan pemandangan, foto diri, apapun itu semuanya produk inovasi. awalnya produk-produk itu tak ada dan hanya sedikit orang yang berani berfikir kalau produk itu suatu saat akan ada. dulunya produk itu tak semenarik, sefleksibel, seoptimal yang ada sekarang. semua bisa seperti itu karena adanya fikiran inovasi yang ada di orang-orang yang selalu kita anggap jumlahnya sedikit. sekarang pekerjaan kita adalah apa yang akan kita buat (products or services) yang mana berbeda dari apa yang ada sekarang. bisa apa yang belum ada, bisa modifikasi dari yang ada, atau kita mengadakan sesuatu agar orang lain mengikuti atau menggunakannya. semua adalah bagian dari inovasi dan kita bisa melakukannya (Insya Allah).


kini, ubah mindset kita bahwa inovasi itu sulit, karena jika kita telah mengatakannya, diri kita akan selalu mengatakan sulit dan tidak bisa. ketika kita berkata "bisa" kita akan mudah untuk melakukannya.


for me: semoga aku (selalu) bisa berinovasi.