Header Ads

Korban Renaisans

[caption id="" align="alignleft" width="111"]lady gaga (http://en.wikipedia.org) lady gaga (http://en.wikipedia.org)[/caption]

apa itu renaisans? renaisans(renaissance) adalah masa dimana masyarakat "memberontak" atas kekuatan gereja. mengapa memberontak? pada masa itu, segala fenomena alam dinyatakan dalam sebuah "kemistikan" oleh pihak gereja. bagi para ilmuwan yang mengetahui tentang sisi ilmiahnya akan dihabisi oleh pihak gereja. salah satu contohnya, bisa kita ingat pelajaran IPA sekolah dasar, ketika copernicus (beserta para ilmuwan lain) menyatakan kalau bumi yang mengitari matahari bukan matahari yang mengelilingi bumi sebagaimana yang dinyatakan oleh gereja. tapi hingga kini kita tidak mengetahui mengapa sampai saat ini pernyataan copernicus itu masih bertahan sampai sekarang. untuk pemahaman yang lebih jauh mengenai masa renaisans dengan gaya novel, bisa dibaca novel Angel & Demon karya Dan Brown. kita disini tidak akan menghakimi mengenai tindakan gereja karena itu bukan urusan kita, tapi kita melihat efeknya bagi kehidupan saat ini.


renaisans adalah sebuah masa ketika ilmu pengetahuan menjadi tuhan menggantikan Rabbul 'alamin, Tuhan semesta alam. ketika ada permasalahan yang berkaitan dengan situasi alam maupun sosial, pemecahannya adalah semua yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. semua dianggap tidak adanya campur tangan Tuhan dalam kejadiannya. kita ingat teori evolusi Darwin yang menyatakan kalau manusia adalah keturunan kera, itu adalah salah satu pemikiran yang nyata bahwa manusia ada di dunia tanpa adanya campur tangan tuhan. bagi sebagian orang, renaisans lebih hanya berkaitan dengan seni. tapi, lebih dari itu, renaisans membuat manusia menjauh dari Tuhan. mengapa? karena masyarakat yang semula pemikirannya dikekang oleh agama, kini dapat dengan bebas berekspresi karena tuhan mereka adalah otak mereka sendiri.


memang saat ini sudah tidak lagi pengekangan ilmu pengetahuan oleh gereja, tapi kepercayaan masyarakat akan kekuatan ilahiah jauh dibawah pemahaman ilmiah. ketika dulu kekuatan agama terlalu ditonjolkan bahkan disalahgunakan, kini agama dianggap sebagai penghambat modernisasi. masyarakat dibuat merasa bosan dengan dominasi agama dalam kehidupan sehari-hari. agama selalu dikesankan sebagai kekuatan mistis yang selalu bertentangan dengan ilmu pengetahuan baik ilmu alam maupun ilmu sosial. agama dikesankan sebagai produk masa lalu yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan yang ada saat ini. agama dikesankan hanya sebuah ritual yang harus dikerjakan secara harian, minggua, tahunan, tanpa adanya relevansi dengan kehidupan bermasyarakat.


kita ambil contoh kejadian atau isu yang saat ini sedang hangat, konser lady gaga. bagi sebagian orang, itu hanya karya seni. tapi ketika seni itu menjauhi tuhan, apakah itu bisa disebut seni? seni yang ditampilakn olehnya berpotensi dapat membuat perpecahan dalam masyarakat serta menyebarkan propaganda anti-Tuhan, itu adalah bentuk nyata dari renaisans. contoh lain, mengenai homoseksual (sebagaimana yang telah ada di posting sebelumnya), manusia jelas-jelas menjauhi Tuhan karena Tuhan tidak mengizinkan adanya pernikahan sesama jenis. tapi dengan berpedoman dengan pemikiran yang menyatakan itu adalah hak asasi manusia, kembali masyarakat menyatakan bahwa tuhan mereka adalah otak mereka sendiri.


kejadiannya sudah sangat lama, mengapa masih terasa hingga saat ini? karena memang sejak tegaknya renaisans, campur tangan tuhan dalam ilmu pengetahuan dihilangkan sejauh-jauhnya. para pencari ilmu dibuat tidak mengenal tuhan di dalam ilmu tersebut. ilmu pengetahuan dibuat sebagai produk manusia bukan produk tuhan. itulah yang membuat ilmu yang ada selama ini tidak memberi manfaat kepada kita.


semoga ilmu yang kita peroleh bukannya menjauhkan kita dari Allah, tapi justru mendekatkan kepada-Nya.