Header Ads

Selamat Jalan MP-Blog

sepekan ke depan akan menjadi pekan terakhir bagi para MP-ers (pengguna multiply) untuk menikmati layanan blog MP karena mulai tanggal 1 desember 2012, multiply akan mengubah core business menjadi situs e-commerce. sejauh yang saya ketahui, pengguna multiply hidup dalam sebuah komunitas yang solid. saya bukanlah pengguna MP-blog tapi saya pernah merasakan situasi yang mirip dengan ini.


penutupan MP blog ini mengingatkan saya pada kasus plasa.com. siapa yang tidak kenal dengan situs ini. dahulu, ketika awal saya mengenal internet, plasa.com terkenal dengan layanan e-mail hostingnya, di mana saat itu e-mail plasa.com menjadi alternatif utama layanan e-mail selain yahoo.com. plasa.com selain menyediakan layanan e-mail gratis, juga sebagai situs berita, webforum, dan banyak lainnya. salah satu yang saya senangi saat itu adalah webforum yang memiliki member yang cukup besar. meski tidak sebesar kaskus, tapi eksistensinya jelas.


pada 2007 (kalau tidak salah), pihak plasa.com memutuskan untuk mengupgrade sistem. harapannya plasa.com dapat lebih menyentuh para member dan lebih nyaman untuk dikunjungi. tapi apa yang terjadi? bukannya upgrade justru down-grade yang terjadi. webforum yang dulunya ringan sehingga para member merasa nyaman berubah menjadi sangat berat dan lambat. beberapa thread pun di-lock. kemudian layanan e-mail mulai bermasalah, bisa sign in tapi tidak bisa sign out. bisa dibayangkan, jika kita mengakses di warnet dan tidak bisa sign out, hampir pasti disalahgunakan oleh pengguna lainnya. kini, plasa.com masih ada dan menurut saya keadannya memprihatinkan. sebagai situs e-commerce, sedikit sekali yang pasang lapak di sana, sebagai web forum sedikit sekali member di sana, layanan e-mail yang mendompleng hotmail harus redirecting ke hosting hotmail dan tidak bisa di-sign out.


kembali ke MP, secara bisnis MP berbeda dengan plasa.com. MP murni badan bisnis swasta tapi plasa.com secara hirarki berada di bawah PT Telkom (milik pemerintah). saya bukan pengguna MP, tapi saya tetap berharap semoga MP dapat bermanfaat bagi para member yang telah setia membesarkan situs tersebut. dan semoga pilihan untuk mengubah core business bukanlah pilihan yang salah. dan, semoga para member dapat terus menjalin silaturahim meski tidak lagi dalam naungan MP.