Header Ads

Perjalanan Centris yang Dinamis

[caption id="attachment_1509" align="alignleft" width="150"]centris pengurus centris[/caption]

Bulan Desember ini, merupakan tahun ketiga berdirinya Lembaga Dakwah Fakultas CENTRIS (Center of islamic engineers) Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. sebagai LDF, Centris adalah LDF termuda di antara fakultas-fakultas lain. di fakultas lain, setidaknya pada 2007 telah berdiri LDF bahkan ada yang telah berusia 20 tahun semisal Jamaah Al Muqtashidin FE UII. sedangkan Centris sendiri baru berdiri pada 6 Desember 2009. meskipun menjadi anak bungsu, tapi perjalanan Centris telah ada sejak bertahun-tahun sebelumnya. jadi bisa dikatakan Centris adalah serangkaian perjalanan dakwah di FTI UII dalam baju yang berubah-ubah sesuai dengan dinamika yang ada.



saya hanya mengetahui perjalanan Centris mulai tahun 2007, padahal sebelum itu perjalanan mereka telah panjang. dan saya bukanlah tokoh utama berdirinya Centris, melainkan hanya sebagai saksi hidup. alkisah ada empat organisasi/elemen dakwah di FTI UII, yaitu MAI (Mentoring Agama Islam), Tazkia (kajian kemuslimahan), MYC (Moslem Youth Club), dan TMBU (Takmir Mushala Bahrul Ulum). pada akhir 2006 pernah saya mendengar akan adanya organisasi dakwah tunggal di FTI UII tapi waktu itu saya belum tahu apa-apa mengenai keorganisasian di kampus.


ternyata, pada 22 juni 2007 di Pondok Pesantren UII, wacana tersebut nyaris terealisasi. dengan diadakannya musyawarah besar penggabungan keempat elemen dakwah tersebut akan dibentuk menjadi sebuah organisasi tunggal. saya mengatakan nyaris karena ternyata belum rezeki. dalam keadaan kepengurusan tiga elemen dakwah telah demisioner kecuali TMBU, pendirian organisasi masih belum berhasil.


perjuangan mereka belum berakhir. pada 17 Agustus 2007, berdirilah Centris (Center of Islamic Scientist) yang merupakan penggabungan antara MAI, MYC, dan Tazkia. sehingga di FTI UII terdapat dua organisasi keislaman yaitu Centris dan TMBU. meskipun awalnya ada beberapa masalah dan terdapat dua organisasi, alhamdulillah keduanya berjalan beriringan dan harmonis. secara birokrasi pun keduanya tidak saling bermasalah bahkan saling mendukung.


setelah berjalan dua tahun, kembali, wacana organisasi tunggal pun muncul setelah terdapat beberapa masalah di salah satu organisasi. dengan haru biru, akhirnya kedua organisasi sepakat untuk bergabung dalam naungan Center of Islamic Engineers (Centris). peristiwa yang memilukan, mengharukan, dan membahagiakan tersebut terjadi pada musyawarah besar Centris pertama 5-9 desember 2009.


kini, Centris telah berusia tiga tahun. usia yang sangat muda jika itu adalah anak manusia. tapi, meski baru berusia tiga tahun, perjalanan hidup Centris secara pengalaman lebih dari tujuh tahun. selamat hari jadi Centris, semoga dalam usia yang semakin tua, Centris dapat semakin matang dan dewasa menghadapi dinamika karena dakwah itu dinamis dan objek serta subjek dakwah juga hidup dengan dinamis.


*) tulisan ini bukan bermaksud membuka catatan masa lalu yang untuk diingat-ingat, tapi sekedar informasi yang mungkin akan bermanfaat di masa yang akan datang.