Header Ads

Di balik Suasana Duka Ta'ziyah

apa yang anda fikirkan mengenai ta'ziyah? suasana duka cita, sendu, sedih, dan semacamnya. memang itulah yang sewajarnya terjadi. tapi ada satu sisi "keindahan" dalam suasana duka. silaturahim, sebuah aktivitas yang cukup spesial. ketika ada orang yang meninggal dunia, itu adalah waktu yang "spesial" untuk bersilaturahim, khususnya kepada ahli waris atau sekedar melepas ke peristirahatan terakhir.


beberapa hari yang lalu, saya mengantarkan bapak untuk ta'ziyah ke rumah temannya. tak ada yang kebetulan, hanya sudut pandang kita yang menganggapnya kebetulan, saya bertemu guru TK saya. what, guru TK???!!! ya, sudah belasan tahun tidak bertemu, bahkan saya hampir pasti tidak mengenal beliau, bapak mengatakan kalau beliau adalah Bu Nur, guru TK saya. kapan lagi saya bisa bertemu dan bersilaturahim dengan guru TK. kemudian saya bertemu dengan pak Agus, guru fisika SMA saya. dan yang membuat saya terharu, pak agus tidak sedikit pun pangling dengan saya.


itu hanyalah satu dari sekian kejadian yang berkaitan dengan silaturahim pada saat ta'ziyah. kejadian yang sering terjadi adalah reuni baik itu reuni sekolah maupun pekerjaan. mereka sudah bertahun-tahun tidak bertemu dan waktu ta'ziyah mereka bertemu kembali. atau berkumpulnya keluarga besar di sana. sering kali dalam sebuah keluarga besar, masing-masing telah pergi demi tuntutan pekerjaan dan profesi ke daerah lain dan jarang bertemu. tetapi, demi mengantarkan sang jenazah ke peristirahatan terakhir, mereka rela datang dan akhirnya bertemu dengan anggota keluarga lainnya. kapan lagi mereka bisa bertemu dengan orang yang mereka sayangi dan telah meninggal tersebut, dan kapan lagi mereka bisa berkumpul demikian.


silaturahim pada suasana ta'ziyah adalah suatu kejadian yang hampir tidak bisa ditandingi. jika dibandingkan dengan suasana pesta, misal walimah, memang suasananya kalah menyenangkan bahkan cenderung sedih, tapi senyuman setidaknya bisa terpancar dengan tulus. belum tentu ketika diadakan pesta mereka bisa berkumpul tetapi ketika dalam suasana duka hampir pasti bisa berkumpul.


sayangnya, kejadian tersebut harus didahului dengan suasana duka. seandainya suasana ukhuwah dan silaturahim bisa terjadi tanpa adanya kehilangan orang yang disayangi pasti akan lebih indah. tapi, harapan kita semua, meski dalam suasana apapun semoga silaturahim dan ukhuwah bisa terus terjalin baik dalam suasana suka maupun duka.