Header Ads

Mereka Bilang Kembali ke Fitrah? [Bukan Edisi Lebaran]

siapa "mereka"? begini ceritanya. kemarin sore, kamis 19 September 2013, di TL twitter akun blogfam me-retwit berhastag #PerangPostinganBlog. secara sederhana bisa dikatakan para blogger menulis sebanyak-banyaknya. awalnya saya cuma bilang tertarik dan mau ikut perang ini, tanpa tahu siapa lawan saya. secara gitu loh, saya cuma sesekali blogwalking dan hampir ga pernah berbaur dengan para blogger baik yang tergabung dalam komunitas maupun independen. saya penasaran siapa yang punya ide gila ini. ternyata mereka, dari sudut pandang saya adalah para dedengkot blogger. sebut saja ilham himawan, tuteh, indobrad, indah julianti yang saya baca dari blognya ternyata memang makhluk gila. saya pikir saya telah membahayakan diri sendiri dengan masuk ke kandang macan. tapi genderang perang sudah ditabuh, pantang surut sebelum koneksi putus ngenes.


oke, siapa mereka sudah terjawab. lalu apanya yang kembali ke fitrah? mereka ingin mengembalikan aktivitas blogging sebagai pelampiasan diri atau bercerita sekaligus media komunikasi. dari tulisan indah julianti, blogging sudah mengalami pergeseran ke arah kompetisi/lomba maupun SEO, meskipun itu tidak salah. berkaitan dengan syarat dan ketentuan sudah ditulis oleh ilham himawan.


lalu bagaimana dengan blog saya ini? apakah mengalami pergeseran sejak pertama posting? entahlah, silakan dinilai sendiri. meski saya sudah mulai ngeblog sejak tahun 2009, saya belum pernah menceritakan bagaimana sejarah adanya blog ini. dulu saya punya blog dengan platform blogspot. tapi karena waktu itu masih iseng utak-atik tampilan dan entah kenapa postingan saya yang masih sedikit hilang dan lenyap. lalu saya membuat akun blog dengan hosting dari kampus. di sela-sela blogging dengan hosting itu, saya memutuskan untuk membuat blog baru dengan bermain CMS joomla dengan hosting gratisan. ternyata karena gratis, hosting itu tidak sesuai dengan keinginan dan banyak masalah. saya lalu membuat blog lagi di blogspot, dan sialnya saat itu blogspot sedang masa transisi, blog saya bermasalah di domain. akhirnya pilihan jatuh kepada wordpress.com ini dan postingan blog yang sudah lumayan banyak dari blog hosting kampus saya eksport ke akun yang baru ini. alasan saya meninggalkan akun kampus karena dua hal, pertama karena terlalu banyak spam di komentar dan domain blog terlalu panjang.


ada yang bertanya, mengapa jarang menulis di note facebook saja biar banyak teman yang membaca? saya merasa menulis di facebook tidak sebebas ketika menulis di blog. ada kalanya tulisan saya dianggap menyinggung perasaan atau membuka masa lalu. berkaitan dengan privacy, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membaca tulisan kita di facebook. selain itu, tulisan di notes facebook akan mudah hilang karena tertimpa oleh tulisan-tulisan yang baru. jadi ketika suatu saat saya mati dan akun saya masih terikat privacy, maka tulisan saya itu akan selamanya terkunci, sayang sekali bukan.


apa yang saya tulis? anything, apapun yang bisa ditulis. tidak masalah mau nulis apa, yang penting ditulis. ibarat isi perut, kalau tidak dikeluarkan maka akan mengakibatkan sakit. begitu juga isi kepala, jika tidak dikeluarkan hanya akan menjadi sampah. meskipun demikian, jika kiranya tulisan saya akan mengakibatkan konflik yang berbahaya, lebih baik tidak saya tulis. jika saya harus nyacat, mendukung sebuah golongan atau anti-mainstream, ya itu memang fikiran saya, tanpa tendensi dari dan untuk siapa pun. biarlah saya hidup bebas di blog karena di dunia nyata saya tidak selamanya bebas.


lalu apakah saya anti dengan lomba? tidak juga. selama lomba itu masih sesuai dengan jalan saya, saya akan ikuti. nyatanya saya jadi juara pertama lomba blog Indonesia Linux Conference 2012. dan itu satu-satunya prestasi menulis yang saya dapatkan karena saay sering ikut lomba tetapi lebih sering kalahnya hehehe. mungkin pikiran saya terlalu bebas dan mereka belum bisa menerima kebebasan saya positive thinking untuk diri sendiri.


kekurangan saya sebagai blogger adalah kurangnya berinteraksi dengan blogger lain. ke depannya, setidaknya beberapa bulan ke depan semoga saya bisa istiqamah menulis di blog dan tidak tumbang dalam #PerangPostinganBlog. dan dengan ajang ini, semoga saya bisa belajar berinteraksi dengan bimbingan, lebih tepatnya paksaan, dari mereka yang lebih berilmu dalam dunia blogging. finally, saya terima tantangan kalian #PerangPostinganBlog.


*ditulis dalam koneksi modem yang ga jelas naik turunnya ditemani lagu-lagu dari raihan*