Header Ads

Benarkah Mereka Blogger?

Blogger Nusantara 2013 yang diadakan di Yogyakarta, sampai tulisan ini ditulis, acara belum selesai. saya tidak bisa melanjutkan acara karena harus pulang ke rumah sebelum acara selesai. acara yang semula direncanakan digelar di pagelaran keraton, harus dipindah ke joglo abang. bagi saya tidak masalah dengan pindahnya lokasi acara. dan saya salut kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara Blogger Nusantara 2013 dengan segala masalah yang ada. justru saya merasa risih dengan sikap beberapa oknum peserta.

saya mengatakan oknum karena tidak semua seperti itu. masih lebih banyak peserta Blogger Nusantara yang bersikap tidak seperti itu alias bersikap layaknya peserta. apa yang dimaksud dengan "itu"? saya menyayangkan dengan para oknum blogger yang tidak mengikuti acara sebagimana mestinya. masih banyak peserta yang lebih memilih nongkrong di angkringan, bakso, teras rumah warga, atau tiduran di mushalla di sekitar joglo abang, lokasi diadakannya Blogger Nusantara 2013.

saya cukup menyayangkan sikap tersebut. panitia sudah merancang dan menyelenggarakan dengan segala masalah yang ada, tetapi para peserta bersikap demikian, saya merasa itu bukan sikap yang arif dari peserta. apa bedanya mereka nongkrong di tempat lain selain di event BN 2013? setidaknya, kalau mau nongkrong atau tidak mendengarkan bahasan dari pemateri, yang penting berada di tenda lokasi kan lebih baik. hehehe.

peserta berada di sana bukan tanpa proses pendaftaran. dengan mendaftar maka mereka diasumsikan telah mengetahui syarat dan ketentuan mengikuti acara. seperti layaknya kita hidup sebagai blogger, kita akan mengikuti apa syarat dan ketentuan yang berlaku pada penyedia layanan blog yang kita ikuti. jika kita melanggar, bisa saja kita di-ban oleh penyedia layanan blog. untung saja panitia tidak mem-ban atau mem-black list peserta yang demikian.

syarat dan ketentuan menjadi peserta secara sederhana adalah mengikuti acara. ketika kita mendaftar, maka kita seharusnya sudah tahu bahwa kta harus mengikuti acara, bukannya nongkrong di sekitaran tempat acara. sebagai blogger, kita belajar bertanggung jawab. dengan menulis, kita harus berani mempertanggungjawabkan apa yang kita tulis. demikian pula di dunia nyata, kita juga harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah kita kerjakan. kita telah berniat dan mendaftarkan diri sebagai peserta, maka kita juga harus bisa bertanggungjawab sebagaimana peserta.

saya menyampaikan demikian karena posisi saya juga peserta, kalau saya tergabung dalam panitia mungkin saya tidak berani menulis hal demikian. hehehe. semoga dengan menjadi blogger kita bisa belajar bertanggung jawab. Blogger Nusantara, ISTIMEWA!!!