Header Ads

Iklan Kompas, Bukan yang Terkeren tapi Bagus

61c0136565f418694f7f38027255516e_bukan_iklanmungkin banyak dari kita yang tidak suka dengan iklan, khususnya iklan di tv. selain mengurangi kenikmatan dalam menonton, juga bisa jadi karena kita menganggap iklan tidak ada gunanya. apalagi itu dianggap urusannya yang punya merk, kita hanya dieksploitasi saja. tapi, iklan juga ada manfaatnya lho, setidaknya bisa memberi kesempatan buat kita untuk sejenak ke belakang (baca: ke toilet) atau mengambil minum atau sekedar meregangkan otot yang kaku.


sebenarnya, saya kadang bahkan sering lebih suka tayangan iklan daripada acara tv. saya termasuk orang yang tertarik dengan iklan. bahkan ketika saya nonton bola, saya tidak hanya menonton bolanya tapi juga memperhatikan adboard yang ada di tepi lapangan. mungkin itu tandanya saya nanti akan jadi pengusaha (yuk bareng-bareng bilang aamiin) hehehe.



saya bilang kadang lebih suka karena saya juga tidak suka jika ada tayangan tv yang saya suka diganggu iklan, seperti ketika nonton bola tiba-tiba ada gambar produk menutupi seluruh layar tv. sadar atau tidak, kita ketika nonton tv lebih banyak nonton iklan daripada nonton acara intinya (benar tidak saudara-saudara?). jadi, daripada kita mengecam iklan lebih baik kita menikmatinya saja. toh mereka, stasiun tv, bisa hidup dan menampilkan tayangan yang kita suka karena iklan juga.



tidak semua iklan itu membosankan atau buruk, bahkan jauh lebih banyak yang menarik. mengapa menarik? karena mereka, para marketer, berusaha menampilkan yang terbaik demi terjualnya produk mereka, apa pun yang harus mereka lalui. kita lihat saja iklan rokok (meski kini hanya ditayangkan setelah jam 22:00 WIB), hampir pasti iklan mereka menarik. ya tentu saja kualitas iklan berbanding lurus dengan kualitas kantong hehehe.



karena saya tidak merokok, saya tidak akan membahas tentang iklan rokok, melainkan iklan koran KOMPAS. saya punya beberapa nominasi iklan yang bagus, tapi setelah saya cari di youtube tidak semua saya temukan. salah satu yang saya temukan adalah iklan kompas ini. saya lupa iklan tersebut tayang tahun berapa tapi di video tersebut terlihat masih ada logo tv7 (sebelum berubah menjadi trans 7).


[youtube]ZCTma4y40eI[/youtube]


iklan tersebut menampilkan tiga orang yang sedang berjalan dengan mengenakan T-shirt bergambar Hari Rusli, Soe Hok Gie, dan Chairil Anwar. seingat saya iklan ini ada dua session, yang pertama adalah yang ada di sini dan yang kedua ketika ketiganya bertemu dan gambar ketiga tokoh berada dalam satu barisan. sayangnya saya tidak menemukan video yang session kedua.



"jangan pernah merasa takut, yang takut hanya cecurut" begitu pesan Hari Rusli, "Cepat atau lambat perubahan hanya soal waktu" pesan Soe Hok Gie, "Karena zaman tak bisa dilawan, kepercayaan harus diperjuangkan" pesan Chairil Anwar.



seperti kebanyakan iklan yang saya anggap keren, mereka tidak secara vulgar menampilkan "ini lho produk saya" tapi ada pesan yang disampaikan di balik itu. baik itu pesan moral, keindahan alam Indonesia, pesan perubahan dan lain sebagainya dan di ending baru ditampilkan merk mereka.



iklan ini memberi pesan kepada kita bahwa kita harus berubah. sebenarnya sih bukan pesan kepada kita, tapi memang waktu itu kompas sedang ingin berbenah dan melakukan perubahan, yaitu perubahan pada korannya. tapi tidak ada salahnya jika kita juga mengambil ibrah atau hikmah dari apa yang mereka sampaikan.



seperti yang saya sampaikan di atas, daripada kita merasa dirugikan karena banyak iklan, bukankah lebih baik kita ambil hikmah dari iklan tersebut. ikaln itu juga bukan iklan yang mengajak kepada keburukan, justru kebaikan yang disampaikan. masalah kita mau beli produknya atau tidak, itu urusan nanti. hehehe.



Iklan yang Buruk



selain banyak iklan yang baik, ada beberapa iklan yang saya anggap buruk. sebenarnya sih banyak, tapi saya ambil satu saja dan itu bukan yang terburuk karena ada yang lebih buruk lagi. iklan itu adalah iklan kakao talk yang dibintangi oleh NOAH.



kenapa saya menilai buruk? di iklan tersebut ditayangkan scene ada karakter yang marah dan membanting meja sedangkan di meja tersebut masih terdapat banyak makanan. bagi saya itu menunjukkan mereka tidak menghormati makanan. bagaimana jika ulah tersebut ditiru oleh masyarakat terlebih oleh anak-anak? bisa jadi suatu saat kita tidak bisa menghormati makanan sama sekali. saya pernah melaporkan hal tersebut ke KPI, tapi saya tidak tahu ada tindakan atau tidak.


[youtube]6CDr6VAcM2U[/youtube]


iklan kini bukan lagi semata memperkenalkan produknya kepada masyarakat melainkan juga dituntut untuk mengedukasi masyarakat. selain itu lebih menarik, juga itu karena kewajiban mereka untuk tidak memberikan keburukan. jika tidak bisa membuat kebaikan setidaknya tidak menambah keburukan (begitu pesan AA Gym).



diikutsertakan dalam give away-nya www.habibasyrafy.com