Header Ads

Tulisan Jujur Bersama Senyum Syukur

membaca pengumuman give away dari @senyum syukur bahagia memberikan sebuah tantangan tersendiri karena ada tiga segmen yang harus dibahas dalam postingan ini. pertama menceritakan postingan yang menurut saya menarik dari blog beliau, ke dua merekomendasikan buku atau artikel untuk beliau baca, dan yang ke tiga mengomentari mengenai tampilan toko online senyumgadget.com. oke mari kita bahas satu per satu.



pertama, mengenai postingan beliau di blog selama 2013, saya mau tidak mau (ga mau sih sebenarnya gapapa hehehe) membuka arsip blog beliau selama setahun. karena saya baru pertama kali membaca blog beliau ini, saya belum tahu apa sih postingan beliau di hari yang lalu. karena postingannya cukup banyak (sepertinya lebih banyak daripada blog edisi pertama-ku) saya rasa cukup melelahkan kalau baca satu per satu. cara paling mudah bagi saya adalah membaca judulnya dan memilih yang menarik. hehehe. memang ada istilah don't judge the book from the cover, tapi saya lebih suka sama buku ber-cover rapi daripada cover kucel. saya memnilih tulisan beliau yang berjudul "Belajar Korupsi" dan di dalam postingannya ada embel-embel "Penting dibaca: Surat untuk UN".



tulisan tersebut sudah bisa kita tebak bahwa isinya tidak jauh dari pembahasan tentang perilaku jujur. masih ada hubungannya dengan postingan yang lalu yang juga saya ikut sertakan dalam give away, bahwa perilaku jujur dan tidak mencontek itu penting (kalau cuma mau bilang penting sih anak SD juga bisa coy). perilaku jujur dan tidak mencontek adalah bekal awal untuk tidak korupsi. ketika kita terbiasa tidak jujur meski hanya mencontek, tapi itu bekal yang fatal di hari kelak.



sama seperti postingan terdahulu, kita ambil kasus sebuah perusahaan yang tidak sengaja membuat produk yang sama atau mendekati mirip dengan produk perusahaan lain, perusahaan tersebut bisa dituntut karena plagitaisme. apalagi jika benar-benar ketahuan mencontek, bisa-bisa perusahaan itu bangkrut karena satu produk yang tidak jujur.



ketika kita terbiasa mencontek, maka suatu saat kita akan terbiasa pula dengan produk bajakan dan bahkan kita akan menjadi aktor pembajak (bukan membajak sawah, kalau membajak sawah itu sangat direkomendasikan). dan ada sebuah istilah yang saya buat sendiri, kalau kita terbiasa dengan produk bajakan dan/atau kita suka membajak, maka kita harus siap jika suatu saat produk kita dibajak oleh orang lain. ini bukan bicara karma tapi kita hanya akan memetik apa yang telah kita tanam, atau bahasa jawanya ngunduh wohing pakarti.



tidak banyak yang saya bahas mengenai salah satu (lebih tepatnya salah dua) dari postingan beliau karena kita semua sepakat bahwa sesuai dengan pesan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bahwa "Jujur itu Hebat". ketika kita semua terbiasa jujur dan di negeri ini tidak ada korupsi, maka suatu saat KPK sudah tidak dibutuhkan lagi. semoga tidak lama lagi KPK dibubarkan (kalau sudah tidak ada korupsi apa yang mau diberantas bro?).



masuk ke pembahasan ke dua, mengenai buku atau artikel apa yang saya rekomendasikan untuk beliau. wah ini cukup susah bagi saya, karena selera baca tiap orang tentunya berbeda. saya ingin merekomendasikan artikel "menciptakan brand bisa dilakukan sebelum merk bahkan produk ada" tapi saya lupa artikel itu ada di majalah apa edisi berapa. intinya brand berbeda dengan merk. kita ambil contoh, Nabi Muhammad telah memiliki brand sebagai orang yang jujur, bahkan para kafir quraish pun mengakui kejujurannya meski mereka menolak ajaran beliau. kejujuran itu sebelum Rasulullah membawa "merk" berupa Agama Islam. silakan coba buka sirah nabawiyah di bagian ketika beliau berada di atas bukit shafa dan berkata "apa pendapak kalian jika kukabarkan kepada kalian bahwa di lembah ini ada pasukan berkuda yang mengepung kalian, apakah kalian percaya padaku?" dan suku quraish menjawab, "benar, kami tidak memiliki pengalaman bersamamu kecuali kejujuran". dan seterusnya. karena artikel ini tidak jelas berada di majalah apa dan di edisi berapa, maka saya tidak begitu merekomendasikan. (kalau ga direkomendasikan kenapa ditulis ya? *tuing*)



oke saya merekomendasikan buku saja, judulnya "Saatnya Sang Muslim Kaya Raya" karya Irfan Supandi. isinya membahas mengenai mengapa kita sebagai muslim harus menjadi entrepreneur termasuk di dalamnya motivasi dengan contoh dari Rasulullah dan sahabat, serta bagaimana berbisnis dengan cara yang sederhana. meski saya memiliki beberapa ketidaksepahaman dengan buku tersebut, tapi karena saya belum bisa memberikan bukti tindakan nyata maka saya belum bisa berbicara banyak. sudah baca? wah bisa dicoba buku yang lain deh. perasaan segmen ke dua ini saya tidak bisa memberikan solusi yang baik ya? maaf deh kalau begitu. hehehe.



mari kita masuk ke segmen ke tiga, mengenai tampilan toko online senyumgadget.com. karena toko online ini berbasis blogspot (beneran kan? hayo ngaku aja), jadi fasilitasnya ya seperti halnya blog pada umumnya, bedanya ada etalase produk. berbeda halnya dengan toko online jika menggunakan hosting berbayar dengan disuntikkan CMS semacam joomla, wordpress, drupal, dll. ya saya tahu kalau Anda memilih berbasis blogspot karena masih awal untuk meminimalkan biaya investasi, saya maklum (hihihi). jadi transaksi masih via sms. (jangan anggap serius paragraf ini ya, saya cuma bercanda kok :D)



sepertinya bisa jika situs ini dibuat seperti layaknya toko online pada umumnya, ketika gambar produknya diklik maka bagian shopping cart akan berubah nominalnya. tapi jangan tanya saya bagaimana membuatnya karena saya juga tidak tahu. jadi saran saya, jangan gunakan kolom shopping cart, tapi di side bar langsung diberi keterangan bagaimana cara membelinya dan no hp yang bisa dihubungi. sebagai refensi, ada blog jualan punya sahabat saya bisa diklik di fourmecraft[.]blogspot[.]com.





[caption id="attachment_12" align="aligncenter" width="251" caption="shopping cart"]shopping cart[/caption]

Anda masih tetap ingin membuka toko online dengan model shopping cart seperti itu? bisa kok, gunakan saja sumber daya yang sudah ada di internet, bahkan dibuatkan gratis. bisa coba mendaftar di tokopedia[.]com atau jika mau yang dikelola oleh yang muslim bisa di bursamuslim[.]com. bagaimana, mau pilih yang mana atau model yang mana, itu kebijakan dari manajemen Anda.



Mungkin Anda sebagai pembaca bingung dengan tulisan ini, di atas saya memperlakukan penyelenggara give away sebagai beliau sedangkan di bawah saya memperlakukan sebagai Anda. biarlah , memang begini kalau saya nulis kadang anteng kadang sambil jungkir balik kadang sambil lonjak-lonjak ga jelas. mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau sikap yang kurang ajar. :)



sumber gambarhttp://www.bpk.go.id/web/?p=11204