Header Ads

Menjual Diri Lewat Blog itu Tidak Mudah

a41bd2fd0e2b16cac56124fde484f7e8_lbibeberapa hari yang lalu saya blogwalking, menemukan postingan yang isinya blogger dan pengusaha itu memiliki kesamaan, sama-sama menjual suatu produk kepada konsumen. saya lupa itu blog milik siapa, yang ngerasa ngacung ya. dalam menjual barang, baik pengusaha maupun blogger, yang produknya adalah tulisan, mempertimbangkan siapa konsumennya.


sebenarnya tema liga blogger indonesia pekan kedua ini, konten marketing, bikin saya galau. saya ngeblog awalnya bukan ingin cari pembaca. saya ngeblog tidak pernah mempertimbangkan sisi marketing padahal saya mempelajarinya. apa yang ingin saya tulis itulah yang saya tulis. berbeda dengan prinsip marketing bahwa kita seharusnya membuat apa yang bisa dijual, bukannya menjual apa yang bisa kita buat.


di blog saya, baik di blogdetik ini maupun di wordpress sana, saya menulis dulu baru saya share, terserah orang mau senang atau tidak. dan benar adanya, saya tidak mendapatkan trafic yang bagus. oke saya hanya bisa bilang seharusnya dan idealnya karena saya tidak melakukannya, atau jarkoni alias iso ujar ra iso nglakoni (bisa berujar tapi tak bisa melakukan).


memang benar jika kehidupan dunia maya itu seharusnya seperti ber-marketing. jika kita menulis atau menyampaikan suatu konten di blog atau web, kita harusnya sadar dan tahu dulu siapa yang akan membaca atau mengkonsumsinya. apakah anak-anak, remaja, atau dewasa, dari usia berapa, pekerjaannya, pendidikannya, dan lain sebagainya. mengapa hal tersebut penting? jika kita tahu, sebenarnya mereka para pengguna internet memiliki kluster tertentu yang mana satu orang dan orang lain memiliki kesamaan. kesamaan-kesamaan tersebut jika dikumpulkan akan menjadi sebuah kluster. misal anak usia sekolah memiliki kecenderungan browsing yang bla bla bla, orang yang suka travelling itu yang bla bla bla, dan lain sebagainya.


pernah mendaftarkan diri dalam adsense lokal? biasanya anda akan diminta mengisikan form mengenai siapa atau usia berapa pembaca blog anda dan blog anda berisi tentang apa. hal ini dilakukan karena mereka, penyedia layanan iklan, ingin benar-benar mendapatkan konsumen yang tepat dan bukan sembarang orang lewat. setidaknya begitulah secara sederhana bagaimana me-marketing.


jika blog anda berisi suatu konten yang khusus semisal download apaan gitu, menjual produk, atau tutorial maka anda akan sangat perlu mempelajari karakteristik konsumen atau pembaca. tetapi jika blog anda seperti blog saya ini, apa pun kita tulis, saya rasa agak sulit melakukannya. sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. sayangnya saya tidak berminat melakukannya hehehe.


salah satu bagian dari marketing adalah CRM atau customer relationship management. di dalam CRM kita harus membina hubungan baik dengan konsumen. dalam ngeblog pun kita sering melakukannya. contoh paling mudah adalah ketika ada pembaca berkomentar di salah satu postingan kita lalu kita jawab dan kita blogwalking ke blog komentator tadi, maka kita telah membina hubungan dengan konsumen atau pembaca.


kita selalu memiliki pilihan menjadi marketer atau seller atas blog kita sendiri. marketer adalah menyediakan tulisan atau konten yang memang dibutuhkan oleh pembaca kita. sedangkan seller adalah kita menjual tulisan kita kepada publik, baik itu mereka butuhkan atau tidak. kalau saya sih sementara ini masih ingin menulis saja, terserah anda mau membaca atau tidak hehehe.. :)