Header Ads

Ibu-Ibu Reresik Abu Vulkanik

Letusan Gunung Kelud pada malam jumat lalu menyisakan abu yang cukup tebal di sepanjang jalan. untuk itu, ibu-ibu masyarakat dasawisma di RT 4/RW 18 bersama beberapa pemuda dusun Soka Binangun, Tempel, Sleman mengadakan kerja bakti pembersihan abu vulkanik dengan menggunakan pompa air.


kegiatan ini dilaksanakan seusai acara pertemuan rutin dwi mingguan yang diadakan oleh dasawisma di RT 4 pukul 07:00-08:00. pembersihan pada hari ini, Selasa 18 Februari 2014, sebagai kelanjutan dari kerja bakti pada hari-hari sebelumnya. karena masih dirasa kurang dan masih cukup berdebu, maka mereka membersihkan menggunakan pompa air.




reresik

reresik

penggunaan pompa air ini sendiri mengingat sifat abu yang cukup lengket ketika bercampur dengan air. dengan menggunakan tekanan air yang dihasilkan pompa air, maka abu bisa terbawa arus. hal ini dirasa lebih memudahkan pekerjaan dibandingkan jika hanya menyapu tanpa bantuan air dalam jumlah besar. dengan bantuan sapu lidi, cangkul, gerobak dorong, dan beberapa alat lainnya, ibu-ibu membersihkan abu yang sudah disemprot dengan pompa air.



80361538cfd40f524333f58f3ce735f1_reresik3

kerja bakti reresik abu vulkanik gunung kelud di dusun soka binangun sebenarnya sudah dimulai sejak hari jumat lalu. seusai shalat jumat, para pemuda dan bapak-bapak mengadakan kerja bakti membersihkan dahan pohon salak yang mengarah ke jalan dan untuk para wanita bekerja bakti menyapu jalanan. mengingat abu di jalan cukup tebal, maka sebelum dilakukan penyemprotan dengan menggunakan pompa air perlu dikurangi dengan cara disapu dan dibuang ke kebun.


22518881b92717f980e305b3da7b9a9d_rt4


kerja bakti hari ini berakhir pada pukul 12:00 dan masih ada sebagian jalan yang belum dikerjakan. tetapi pada Selasa sore terjadi hujan, belum ada kepastian apakah kerja bakti hari rabu akan tetap dilaksanakan atau tidak.