Header Ads

Siapkah Blogger Mengawal Pemilu 2014?

jumlah blogger di Indonesia sangat banyak. setidaknya ada seribuan blogger hadir di Blogger Nusantara 2013 kemarin di Yogyakarta. itu pun masih banyak yang tidak hadir. blogger adalah aset bangsa. anda setuju? setuju ga setuju saya harap setuju *maksa hahaha* Indonesia sebentar lagi punya hajat yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, pemilu baik legislatif maupun pemilu presiden. bisa tidak blogger ikut nimbrung di hajatan itu?


ada bayak cara yang bisa dilakukan oleh blogger untuk berpartisipasi. misal ada beberapa blogger yang ikut nyaleg. hayo siapa, ngacung... ada pula atau bahkan banyak yang menjadi simpatisan maupun buzzer dari caleg, partai, atau capres tertentu. semisal saya juga mendukung salah satu capres peserta konvensi partai bintang mercy. sebatas itu? bagaimana yang non partisan?


pemilu diselenggarakan dengan uang negara yang notabene berasal dari rakyat yang jumlahnya banyak. banyaknya seberapa? saya tidak tahu, yang pasti banyak. kalau buat beli nasi bungkus plus es teh bisa buat nraktir semua blogger di Indonesia. kini saatnya blogger ikut mengawasinya. memang sih sudah ada KPU, panwaslu, tim sukses partai, dan istilah macam-macam lainnya. blogger bisa bergerak tanpa ada keterikatan dengan lembaga-lembaga tersebut.



maksudnya begini, kita bisa ikut mengawal dengan membuat tulisan mengenai perkembangan terkini proses kampanye hingga nanti hari penyelenggaraan pemilu. kalau ada pelanggaran yang terjadi kita bisa menuliskannya di blog masing-masing. pelanggaran tidak harus kaku terikat dengan undang-undang karena saya yakin tidak semua dari kita, termasuk saya, tidak tahu isi dari UU pemilu. tapi kita melihat dari sudut pandang blogger, apa yang merisaukan masyarakat kita tulis di blog.


misal (misal aja lho ya), yang sedang hangat, di daerah X banyak bertebaran baliho dan reklame politik yang mengganggu pemandangan. atau di tv Y masih bermunculan iklan kampanye padahal sudah ada moratorium iklan politik. atau di kampung Z terjadi pembagian uang dari calon tertentu. dengan reportase gaya blogger bisa saja itu semua kita tulis. yah mengenai reportase dan review para blogger sekalian banyak yang lebih paham daripada saya. itu tadi hanya pemisalan. masih banyak yang topik lain yang bisa diangkat. misalnya lagi kita ikut mensosialisasikan bagaimana pemilu besok nyoblos atau nyontreng, surat suaranya ada berapa, jumlah partainya ada berapa, dan lain sebagainya.


ya kita tentu saja jangan hanya melihat sisi negatifnya. kalau ada sisi positif dari para calon dan anda merasa suka untuk menuliskannya silakan ditulis. sebisa mungkin kita menyajikan secara berimbang bukan hanya karena kita benci dengan suatu partai atau calon.


bagaimana dengan blogger yang golput? saran saya sih, mendingan ke-golput-annya disimpan sendiri saja. silakan kalau mau golput tapi jangan mengajak orang lain. karena setahu saya, mengajak golput termasuk tindakan pidana. mau dipidanakan karena mengajak golput? kalau saya sih ogah.


sudah saatnya blogger ikut campur tangan. dengan mengawal pemilu yang sukses penyelenggaraan maka kita sebagai blogger juga punya andil dalam menyelamatkan uang negara. meski cuma satu rupiah, itu juga uang kita semua. bagaimana? ga setuju juga gapapa. :D