Header Ads

Blogger Copas Bukanlah Blogger

definisi dari mana tuh, yang bilang blogger copas bukan blogger? Anda mencari dari kamus alay sampai kamus oxford university tidak bakal ketemu. seperti bahasa pemrograman komputer x+1=x, blogger copas bukanlah blogger. itu hanya pengertian dari saya sendiri, terserah Anda setuju atau tidak. bagi saya blogger copas bukanlah blogger karena hanya blogger yang bisa menghargai blogger lain. ketika sebuah tulisan di-copy paste dan sang empunya tulisan merasa dirugikan, berarti ia telah tidak menghargai blogger.

tulisan Anda pernah di-copy paste? atau sering? apakah si copaser meminta izin kepada Anda? apakah Anda sudah mengikhlaskannya? saya sarankan jika Anda sudah menjadi korban, ikhlaskan sekarang juga :D . tulisan saya, meski tidak bagus-bagus amat, ternyata ada juga yang meng-copy paste. saya iseng googling mengenai sense of humor karena di statistik saya termasuk satu tema yang banyak di cari. ternyata ada juga yang meng-copas definisi sense of humor-nya saja. satu sisi alhamdulillah tulisan saya ada manfaatnya bagi orang lain, di sisi lain kok dia main copas saja ya? ah biarlah. :D

tapi ada juga yang lebih parah daripada copas. autopost dengan memanfaatkan postingan orang lain. pengen ku pites ini orang yang bikin blog. bagaimana tidak, masih pada tulisan yang sama tentang sense of humor, ternyata ada blog yang postingannya semua adalah autopost dengan kata kunci "humor". sepertinya si pembuat blog berharap bisa membuat postingan mengenai humor-humor yang ada di internet tanpa susah-susah membuat humor sendiri. hayo siapa yang ngerasa punya blog itu, ngaku?

saya tidak habis pikir, "barang curian" dijadikan barang jualan. bagi blog yang di-monitize-kan, bukankan tulisan adalah komoditas jual? dan jika tulisan tersebut adalah tulisan hasil copas tanpa izin alias curian atau bahkan autopost seperti kasus saya, bukankah sama saja nyolong mangga tetangga terus dijual ke pasar? ya masih untung kalau pemilik mangga tidak tahu atau jika pun tahu membiarkan, bagaimana kalau dikasuskan atau memanggil orang sekampung buat menghajar, matilah kau.

saya sering mengatakan, jika Anda suka membajak, maka jangan marah jika suatu saat tulisan atau produk anda dibajak oleh orang lain. anda pernah membajak tulisan di blog lalu akun adsense Anda dibajak oleh orang lain, bukanlah hal yang mustahil. jadi ingat lagunya iwan fals "lihat di sana antrian pencuri yang timbul sebab nasinya dicuri".

http://www.youtube.com/watch?v=_6PX4kU24nw
apa sih motivasi kita ngeblog? cari uang? mau di dunia nyata maupun dunia maya, cari rezeki itu harus halal. halal asalnya, barangnya, termasuk caranya. kalau cuma mau copas, buat apa ngeblog? bikin saja usaha foto kopi. sesuka hati kalian mau meng-copy. oke lah, mungkin bagi pemula masih suka copas sana copas sini, itu cukup jadi penyemangat saja biar bisa menulis yang lebih baik. jika pun harus copas karena tulisannya bagus dan menginspirasi, ya minta izin baik-baik, tampilkan link sumber, dan syukur mengucapkan terima kasih.

blog gratisan memang tempat yang nyaman bagi copaser. tapi teramat sangat banyak blog gratisan yang dimanfaatkan bukan untuk menaruh tulisan hasil copas, termasuk blog ini :D . mau anonim, pseudonim, menggunakan nama pena, atau nama asli, di blog gratisan semua bisa. beda halnya dengan ketika kita menggunakan Web Hosting Indonesia. karena ketika mendaftarkan nama domain, kita harus menunjukkan kartu identitas semisal KTP, maka identitas kita jelas. ketika kita melakukan copas, dan si empunya tulisan merasa dirugikan maka kita bisa dipidanakan.

berantas blogger copas, mulai dari diri kita sendiri untuk tidak melakukan copas seenak udelnya sendiri. jika masih mau jadi copaser seumur hidup, mending jangan jadi blogger. dan jika mau jadi blogger, jangan jadi blogger copas. karena hanya blogger yang bisa menghargai blogger lainnya.

Lomba Blog by : andre.web.id