Header Ads

Ngapain Ngeblog? (Part 2)

setelah beberapa waktu yang lalu saya memposting tulisan mengenai alasan ngeblog yang lebih bercerita tentang masa lalu, beberapa hari ini saya merasa ada hal lain yang saya temukan dari aktivitas blogging. saya tidak tahu ini hanya berlaku pada diri saya atau pada Anda yang juga suka ngeblog. banyak alasan yang telah disampaikan oleh para blogger berkaitan dengan manfaat ngeblog. dan satu hal yang saya rasakan adalah blog sebagai kontrol diri.



di blog saya ini, saya sering bahkan banyak yang bertemakan kritik sosial dan kebanyakan dari sudut pandang saya sendiri. saya sering mengkritik kejadian atau kebiasaan yang ada di masyarakat. dan secara sadar maupun tidak, saya adalah bagian dari masyarakat. jadi saya termasuk bagian dari yang dikritik oleh saya sendiri. saya sebagai subjek sekaligus objek.


berkata itu mudah, tapi menjalani tidak semudah mengatakannya. itulah yang saya sebut sebagai kontrol diri tadi. ketika saya sudah menulis maka konsekuensinya adalah saya harus melaksanakan apa yang sudah saya tulis. seperti sikap yang harus dimiliki oleh para ustadz, mereka menyanpaikan tetapi di sisi lain juga harus melaksanakan apa yang disampaikannya. saya bukan ustadz dan hanyalah blogger biasa. setiap apa yang saya sampaikan, ada bukti otentik berupa tulisan di blog ini.


kadang saya ketika ingin melakukan atau tidak ingin melakukan sesuatu walau itu harus, saya ingat dengan tulisan saya di blog. tidak perlu saya beri contoh untuk menghindari riya', sombong, atau menyempitkan bahasan. tapi pada dasarnya ketika saya akan melakukan sesuatu yang saya rasa kurang pas dengan aturan, tiba-tiba saya ingat bahwa saya pernah mengingatkan orang lain lewat blog, masa saya melanggarnya sendiri. itu sama saja dengan "jarkoni" alias biso ujar ora biso ngelakoni. dan saya tidak ingin yang demikian.


kan tidak lucu ketika saya dengan entengnya melakukan pelanggaran lalu tiba-tiba ada yang menegur saya dan ia tahu kalau saya pernah menulis di blog tentang pelanggaran yang saya lakukan. jadi sebelum ada orang lain yang melakukan itu, saya harus bisa menegur saya sendiri lewat blog ini.


semoga dengan blog ini saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik. :)