Header Ads

Yang UN-nya Jujur, Ngacung!

UN, Ujian Nasional, yang hampir setiap tahun namanya dan sistemnya berubah, selalu menjadi polemik. dari soal yang dianggap tidak manusiawi, sistem yang hanya mengejar nilai, kecurangan baik dari siswa maupun pihak sekolah, dan lain sebagainya. ada wacana pengubahan sistem UN ada pula wacana penghapusan UN. keluh kesah dari siswa maupun dari pihak yang bersimpati. dan sebagainya, dan sebagainya.

Anda yang baru saja atau pernah mengalami Ujian Nasional, termasuk orang yang melakukan kecurangan atau memaksakan diri untuk jujur? atau Anda termasuk joki, penjual kunci jawaban, pengawas atau guru yang memberi tahu jawaban, atau pihak lain yang melakukan kecurangan?


saya belum memiliki pandangan apakah perlu atau tidaknya UN. jika UN dihilangkan, pasti dan harus ada penggantinya. dibalik segala masalah yang ada di balik penyelenggaraan UN, saya mengapresiasi bagi Anda yang mengerjakan UN secara jujur meski hanya satu mata pelajaran. jujur bisa karena memang niat Anda yang kuat, bisa juga karena keterpaksaan semisal pengawas yang killer, tidak ada teman yang bisa ditanyai, atau karena Anda yang paling pintar di kelas :D


meski saya tidak bisa memberi apa-apa, saya cuma bisa mengatakan kalau saya mengapresiasi. Siapa dari Anda yang Ujian Nasional khususnya selama tiga tahun terakhir lebih khusus lagi ujian Nasioanl kemarin mengerjakan secara jujur? yakinlah tidak ada yang sia-sia dari kejujuran yang pernah kita lakukan. :)