Header Ads

Event Blogger, Bukan Sebatas Kumpul Hahahihi

setelah pekan ketiga Liga Blogger Indonesia saya lewatkan dengan poin nol dan peringkat klasemen saya terjun bebas, kini dalam keadaan ngantuk dan galau saya kembali menulis untuk pertarungan. kali ini admin LBI melempar tema blogger dan event blogger. terkait dengan tema ini, pikiran saya langsung terbang pada dua acara yang pernah saya ikuti, Blogger Nusantara 2013 dan Ngablogburit offline 2014. karena memang saya teramat sangat jarang ikut acara gathering blogger dan hanya dua acara tersebut yang pernah saya ikuti. :)


acara gathering atau nglumpukake balung pisah (mengumpulkan tulang yang terserak) memang yang utama adalah membumikan dunia maya. ketika kita, para blogger, yang mana satu dan lain hanya saling menyapa di dunia maya, acara gathering merupakan sebagai wadah agar persaudaraan bukan hanya selalu di dunia maya. tetapi antar blogger dapat saling bertatap wajah, saling menyapa secara lisan, saling berinteraksi, saling menjalin kasih, dan lain sebagainya.




[caption id="attachment_2113" align="aligncenter" width="300"]ngablogburit AQUA klaten ngablogburit AQUA klaten[/caption]

manfaat bersilaturahim sudah banyak dibahas oleh rekan-rekan kontestan LBI lainnya. jadi tidak perlulah saya membahas kembali karena bisa jadi akan bosan. tetapi di sini lebih membahas sisi lain yang jika kita melihat dari sisi lain kita bisa belajar tentang hal lain dan manfaat lain.


dari dua acara yang pernah saya ikuti tersebut, pasti ada acara pemaparan tentang perusahaan. acara Ngablogburit di pabrik AQUA tentu saja akan sangat aneh jika tidak ada pemaparan tentang AQUA beserta sistemnya. di acara Blogger Nusantara, pun acara penuh dengan pemaparan tentang bisnis baik yang diundang oleh panitia maupun dari sponsor. bagi sebagian, mungkin malah sebagian besar, acara ini dianggap membosankan. tetapi bagi sebagian lain tentu ada manfaatnya.


lagi pula, acara-acara blogger berskala besar butuh dana yang besar pula, maka menggandengan perusahaan sebagai penyedia dana merupakan hal yang realistis. tentu saja mereka perlu feedback berupa hal yang bermanfaat bagi perusahaan. salah satu bentuknya adalah pemaparan produk atau perusahaan itu sendiri. kata orang namanya promosi. bisa jadi porsi acara pengenalan perusahaan ini jauh lebih banyak daripada acara "ngobrol" antar blogger. tapi ini adalah konsekuensi.


pesan seorang dosen ketika ada acara kuliah nol SKS, kita mau mengeluh atau tidak acara tersebut akan tetap berlangsung. jadi jika kita melewatkannya dengan penuh keluh kesah, kita hanya rugi. jadi, nikmati saja insya Allah kita akan mendapat manfaatnya. sebagaimana yang pernah saya tulis di postingan terdahulu, blog adalah perusahaan kita. jadi jika ingin perusahaan kita besar, kita pun jangan sungkan atau bosan berinteraksi dengan perusahaan yang lebih besar.


bagi para pencari objekan terkait job review, mereka dalam hati berharap "semoga produk/perusahaan ini bisa saya review dan income-nya besar", bagi sebagian lagi berfikiran "saya juga ingin sukses seperti dia", dan sebagian lainnya "semoga saya dapat dorprize produk dia atau minimal dapat diskonan", dan banyak pikiran bermacam-macam lainnya. apakah anda salah satu yang berfikir demikian? hehe


meski pikiran-pikiran tersebut sederhana, tetapi itu adalah manfaat yang diharap keberuntungan bisa "mampir" di diri atau blog kita. dan bisa jadi manfaat itu tidak datang seketika itu juga. entah beberapa bulan atau beberapa tahun setelahnya baru dirasakan manfaatnya. bisa jadi dalam waktu tersebut tidak mendapat dorprize atau diskonan, tidak pula ada job review dari perusahaan/brand yang bersangkutan tetapi di lain waktu ternyata kita punya kasus yang mana sama seperti pernah dirasakan oleh perusahaan yang berpresentasi, dan belajar darinya kita bisa memecahkan masalah yang terjadi. atau bisa jadi kita punya kesempatan berkenalan dengan orang yang berpresentasi tersebut lalu kita diajak bekerja sama, dan itu tidak terjadi di waktu gathering, siapa yang tahu. apalagi dia punya anak perempuan cantik. hehe


sekali lagi, kalau kita ingin besar maka kita jangan ragu untuk berinteraksi dengan mereka yang sudah dahulu besar. kata seorang ustadz, kita tidak boleh membeda-bedakan teman. jangan sampai kita hanya berinteraksi orang kecil tetapi enggan berinteraksi dengan orang besar. jadi orang kecil maupun orang besar sama-sama kita gandeng. dan karena blog adalah rumah atau perusahaan kita, maka bisa pula kita adopsi dalam dunia per-blogger-an. :)


meski saya jarang ikut, tetapi saya masih berharap, sebagaimana blogger yang lain juga berharap, semoga event blogger masih ada dan selalu ada agar kita bisa terus belajar dan belajar baik dari sesama blogger maupun dari dunia di luar dunia blogging. karena belajar itu bisa dari mana saja dan dalam bentuk apa saja.