Header Ads

Plastik Kresek, Simpel tapi Multi Guna

plastik merupakan salah satu sampah yang jumlahnya teramat sangat besar di bumi terkhusus di Indonesia. salah satu jenis plastik yang jumlahnya juga banyak adalah platik kresek. entah itu hasil belanja di pasar, beli barang di toko, atau punya stok plastik kresek di rumah, biasanya ujung-ujungnya dibuang. teramat sering kita mendengar himbauan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang atau membakar sampah plastik. sebisa mungkin kita meminimalisasi penggunaan plastik khususnya platik kresek dalam kehidupan.


tapi, di musim hujan seperti sekarang, plastik kresek menjadi satu benda yang murah tetapi banyak manfaatnya. plastik kresek menjadi senjata andalan agar benda-benda yang kita miliki aman dari basahnya air hujan. contoh sederhana yang sering saya lakukan adalah ketika bepergian memakai sepatu, saya membawa sandal jepit yang saya masukkan ke dalam plastik kresek. tidak mungkin saya masukkan sepatu ke dalam tas tanpa diwadahi apa pun. kalau pun sepatu atau sandal masuk tas atau bagasi motor, pasti saya masukkan dulu ke dalam plastik kresek.


contoh lain, bagi yang suka traveling atau mountainering (bener tidak nulisnya, intinya suka mendaki gunung) atau camping, sangar disarankan baju ganti dimasukkan ke dalam plastik kresek. beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca blog tentang pendakian (saya lupa alamat blognya), di sana tertulis "memang tas carrier sudah dilapisi lapisan tahan air, tetapi seringkali masih tembus air, sehingga pakaian ganti perlu dimasukkan ke dalam plastik kresek". tidak mau juga kan kita ketika sedang asyik traveling ternyata baju kotor tercampur dengan baju bersih?


tentu saja plastik yang digunakan adalah plastik yang bersih. mana mungkin kita tega memasukkan baju atau perlengkapan kita ke dalam plastik yang kotor atau bekas wadah gorengan. padahal gorengan saja tidak boleh masuk plastik kresek.


jadi, sesimpel apa pun yang ada di dalam hidup kita, jika kita bisa melihat sisi lainnya, ternyata manfaatnya besar terlebih jika kita mampu melihat di waktu yang berbeda. :)