Header Ads

Tren Blogger 2015

Berbicara mengenai tren yang akan terjadi di masa mendatang atau meramal (forecasting), bisa dilihat dengan melihat bagaimana tren di masa lalu. bagaimana ngeblog itu lahir, hingga mencapai masa kejayaan, hingga ditinggalkan. aktivitas ngeblog memang pernah mengalami masa penurunan, tetapi tidak pernah mati. buktinya sampai saat ini masih banyak blogger yang aktif dan saya mencoba menjadi satu dari sekian banyak blogger yang aktif tersebut.





[caption id="" align="aligncenter" width="260"]product life cycle product life cycle sumber http://www.quickmba.com[/caption]

setiap produk, apa pun itu, akan mengalami empat fase kehidupan atau yang sering kita sebut dengan product life cycle. keempat fase tersebut adalah birth (kelahiran), growth (tumbuh), mature (dewasa), decline (mati). Dunia blogging telah lahir, tumbuh, dan pernah menjadi dewasa. setelah mengalami masa maturity, dunia blogging diguncang oleh hadirnya berbagai macam produk sosial media terlebih facebook. tetapi blog sebagai produk "simbahnya sosial media" mampu bertahan. blog telah "lahir kembali" dengan ruh yang baru dimana para blogger justru memanfaatkan sosial media sebagai media memperkenalkan blognya. dan kini blog telah kembali tumbuh dan berkembang.


hidup atau matinya blog, tergantung dari blogger itu sendiri. saya belum melihat adanya kejenuhan di mata para blogger. blog telah menemukan pangsa pasarnya sendiri. blog otomotif akan lebih dibaca oleh mereka yang suka dengan otomotif, travel blog akan semakin menampilkan destinasi wisata yang bisa jadi tidak disangka-sangka oleh orang-orang sekitarnya, culinary blog, fashion blog, dan blog ber-niche sudah memiliki pangsa pasar masing-masing. mereka tidak akan kehabisan ide selama mereka terus berburu apa yang menjadi niche mereka.


bagaimana dengan blog tidak ber-niche? wihout niche is a nice kata orang. blog tipe ini akan menuliskan apa yang blogger rasakan. tema politik telah berlalu dengan menyisakan berbagai masalah. blogger akan menemukan jalannya sendiri apakah ia menjadi salah satu dari dua poros yang selalu bermain dengan isu atau pilihan kedua apatis dimana mereka lebih mencerikatan masalah pribadinya daripada masalah orang lain. apatis bukan berarti diam. mereka akan bisa berteriak lantang ketika masalah orang lain begitu menyentuh dirinya. air tenang menghanyutkan.


semua bisa jadi mata-mata. siapa pun kini kemana-mana membawa gadget berkamera. sebagaimana di 2014, mereka bisa saja memfoto Anda ketika Anda tidak mematuhi aturan. twitter telah menjadi "polisi online". blog dengan gaya mereka sendiri akan menjadi polisi yang lain. bisa jadi teman kos anda merasa kesal karena Anda membuang sampah sembarangan akan dimuat dalam tulisannya. jadi hati-hati karena semua bisa jadi tema tulisan.


secara garis besar, tren dunia blogging di 2015 saya kira tidak akan banyak berubah daripada 2014. kecuali tingkat penalaran dari blogger yang semakin meningkat. blogger yang di 2014 sedang berusia 23 tahun, di 2015 akan berusia 24 tahun. dengan bertambahnya umur, maka gaya berfikirnya pun akan berubah. dan bersiap-siap menyambut blogger baru yang kepincut karena iming-iming penghasilan dari blog.


isu di tahun 2014 kemarin, Blogger Bojonegoro siap menjadi tuan rumah Blogger Nusantara 2015. di sana kita bisa mengukur bagaimana antusiasme blogger. secara jumlah akan terlihat berapa banyak insan penggerak dunia blog. secara kualitas, bisa dilihat berapa blogger yang dengan rajin mengupdate blognya baik blog probadi maupun blog komunitas.


aktivitas ngeblog masih pada fase growth dan jika kita tidak mengelola blog kita masing-masing bukan tidak mungkin akan langsung jatuh pada decline. saya ingat pesan guru saya, sebaik apa pun hardware dan software, keduanya tidak akan berguna jika tidak didukung brainware yang baik. dan kita sama-sama belajar menjadi baik agar blog kita juga baik. :)