Header Ads

Situs Musikpositif.com, Buat Hidup Lebih Bermakna

Beberapa tahun yang lalu edcoustic pernah diwawancara di Radio MQFM Jogja, mereka (saat itu formasi masih dua personel) menyampaikan bahwa musik yang didengar seseorang akan berada di otak selama beberapa tahun. sepertinya saya sudah membahas di postingan yang lain. oleh karena itu, mereka beserta musisi lain berupaya mengenalkan musik positif agar si pendengar juga terbiasa dengan hal-hal yang positif.beberapa waktu yang lalu saya juga membahas tentang pandangan edcoustic mengenai pembajakan. rasanya aneh ketika kita berbicara tentang hal yang positif tetapi cara mendapatkannya tidak dengan cara yang positif.


Musikpositif.com adalah sebuah situs yang menampilkan lagu-lagu dari para musisi nasyid maupun musik positif. situs ini semacam mirip dengan soundcloud tetapi isinya fokus pada musik positif. saya mengenal situs ini sekitar setahun lebih dan menjadi salah satu tempat mendengarkan musik positif secara gratis tetapi halal dan diizinkan oleh musisinya. biasanya musik gratis hanya bisa dinikmati dengan (1) mendownload bajakan, (2) youtube yang kebanyakan juga hasil bajakan, (3) minta/diberi dari musisinya langsung, atau (4) mendengarkan radio.


musikpositif.com


Setelah setahun bertahan dengan tampilan yang lama (saya tidak memiliki screenshot-nya) kini musikpositif.com hadir dengan tampilan yang baru. bukan hanya tampilannya yang berbeda, tetapi kini kita bukan hanya bisa menjadi pendengar melainkan juga bisa mengupload karya kita (jika punya karya musik positif milik sendiri tentunya). beberapa lagu bahkan ada pula yang diizinkan download oleh pemiliknya. ya mirip dengan souncloud, kita bisa mendengar, meng-upload, mengatur apakah boleh di-download, saling follow, saling berkomentar, dan lain sebagainya.


Karena saya dulu, sebelum berganti tampilan, sudah memiliki akun di sana, saya sudah bisa login. setelah login, kita dibawa pada tampilan chart sebagai halaman depan. halaman ini diisi oleh lagu-lagu dari musisi official yang tentunya memiliki pendengar yang lebih banyak daripada lagu dari unofficial. sebut saja edcoustic dan muezza.


musikpositif.com


Pada "genre" di sana semua lagu yang ada di musikpositif.com muncul dari akun official sampai akun-akun pendatang baru. Edcoustic, Muezza, Abay motivasinger, Tashiru, Meyda Sefira, dan akun pendatang baru lainnya ada di sana. ya, Mbak Meyda Sefira sang pemeran Husna di film Ketika Cinta Bertasbih juga memiliki lagu musik positif. kabarnya, Edcoustik dan Kang Abay akan mengupload semua lagunya di situs ini. sayangnya, lagu-lagu yang dulu ada di situs ini sebelum ganti tampilan banyak yang dihapus. jadi bisa dibilang pengisian chart mulai dari nol.


Seperti dulu, kita bisa memasukkan lagu ke dalam playlist bahkan menamai playlist yang dibuat. kita juga bisa "mencintai" lagu yang kita pilih. jika ada yang menarik, kita juga bisa mengomentarinya. kalau dulu kita hanya bisa men-share lagu terbatas ke tiga media sosial yaitu twitter, facebook, dan google plus, sekarang bisa ke path dan email. bahkan sekarang bisa juga di-embed ke blog karena disediakan script html-nya juga.


musikpositif.com


Ada dua kekurangan yang saya rasakan setelah situs ini berganti tampilan. pertama, ketika salah satu lagu dengan volume yang tersesuaikan sudah selesai dimainkan, maka untuk lagu selanjutnya volume akan kembali mengecil menjadi sekian persen. jadi volume tidak bertahan untuk beberapa lagu. kedua, lagu-lagu yang diputar akan tersimpan dalam cache browser komputer. misal lagu dengan durasi 5 menit 30 detik, diputar sepenuhnya, maka akan tersimpan dengan durasi yang sama. berbeda dengan dulu, ketika lagu dimainkan dengan durasi yang lama, hanya tersimpan di komputer selama 20 detik. tetapi kelebihan di musikpositif.com yang sekarang, untuk lagu dari akun official disematkan - kalau di gambar semacam watermark. ketika lagu diputar beberapa detik terdengar monolog "musik positif dot com, buat hidup lebih bermakna" dan berulang pada beberapa detik berikutnya.


Saya sebenarnya memiliki harapan bahwa lagu-lagu nasyid lama bisa diupload di sana. kita masih ingat lagu-lagu dari snada yang menjadi legenda nasyid Indonesia, brothers, the fikr, atau nasyid melayu semisal saujana, raihan, unic dan lain sebagainya. hal ini mengingat edcoustic juga memiliki jaringan sangat kuat di negeri jiran tersebut. jujur, lagu-lagu lama pasti memiliki kenangan tersendiri di kehidupan kita, dan sense-nya pasti berbeda dengan lagu yang ada sekarang.


Untuk fitur-fitur lain dan untuk mengetahui lagu-lagu apa saja yang ada di sana, silakan langsung meluncur ke tekape. ini adalh langkah kecil kita untuk mengurangi volume pembajakan. jika kita tidak bisa membuat karya yang baik setikdaknya kita menghargai karya dengan baik. sesuai dengan tagline musikpositif.com "Buat hidup lebih bermakna".  :)