Header Ads

Ekosistem Blogger

Ekosistem blogger, tema yang dimunculkan di pekan terakhir Liga Blogger Indonesia. ibarat anak sekolah yang telah menjalani pendidikan, peserta liga selama tiga bulan telah membuat postingan tentang hal-hal yang berbeda dari biasanya. tiga bulan ini bukan hal yang mudah untuk dilalui terlebih dengan aktivitas dunia nyata yang menguras energi dan emosi. tetapi di dunia blogging, setelah masa tiga bulan ini justru menjadi lebih sulit. konsistensi ngeblog harus dipantau sendiri tanpa adanya "paksaan".




Secara sederhana, sistem adalah kumpulan entitas yang saling terkait satu sama lain dalam batasan tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu.



Sebenarnya, entah itu blogger atau bukan, manusia telah hidup dalam sebuah sistem atau ekosistem dunia. sebagaimana yang ada di gambar, satu blogger saling terkait dengan dunia di luarnya. blogger satu dengan yang lain itu saling terkait. meski kita adalah blogger independen kita tetap saling berinteraksi dengan blogger lain bahkan dengan komunitas blogger pun demikian meski bukan bagian dari komunitas. buktinya, ketika sebuah komunitas blogger mengadakan lomba, kuis, atau give away, peserta dari blogger independen pun banyak yang ikut. antar komunitas pun saling berinteraksi. ketika ada lomba atau event dari suatu komunitas, komunitas lain pun ikut mengabarkan kepada anggotanya.




[caption id="attachment_2216" align="aligncenter" width="660"]Ekosistem blogger Ekosistem blogger[/caption]

Dengan dunia luar pun, blogger berinteraksi dengan suatu sistem. blogger pasti berinteraksi dengan internet provider serta penyedia platform blog (blogspot, wordpress, blogdetik, kompasian, dll) dan itu pasti. blogger bukan lagi saatnya menjadi musuh sosial media dan justru harus bersinergi. blogger atau komunitas sering bersentuhan dengan brand dan adsense yang sebagai penyedia uang untuk penyelenggaraan event atau sekedar uang untuk beli cemilan. dan yang pasti, blogger bersentuhan dengan fenomena sosial yang ada di dunia karena itu yang akan menjadi bahan postingan blog.


Apa tujuan kita mengetahui ekosistem blogger di atas? ketika ada yang bertanya "ngeblog itu tujuannya untuk apa?" sebenarnya kita bisa menjawab dengan pertanyaan pula, tergantung batasan mana kita hidup di dunia blog. blogger yang di saat itu berfikiran bahwa batasannya hanya dia dan internet, maka setidaknya ilmu dari dunia online yang didapat. dan itu batas serta manfaat minimal yang di dapat oleh blogger. ketika ia berbicara tentang komunitas, maka manfaatnya adalah persaudaraan, ilmu di ranah online, dan lain sebagainya. ketika batasannya antara blogger, internet, dan adsense atau brand, maka uang adalah manfaat yang nyata. manfaat yang lebih dan sangat besar adalah ketika kita bisa berkata "saya ikut berpartisipasi memperbaiki dunia lewat blog" dan itu luar biasa.


Jadi mari sejenak kita merenung, manfaat dan nikmat apa yang telah kita peroleh ketika menjadi blogger. uang, persahabatan, ilmu, atau apa? bagaimana kita berinteraksi di ekosistem blogger? sejenak kita renungkan "Nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan". :)