Header Ads

Keliling Dunia Bersama Machinami.biz

Menikmati (karena tidak banyak membaca) photo blog berbeda dengan menikmati atau membaca blog lain. begitu pun ketika saya ingin menikmati machinami.biz, saya harus mengungsi dulu ke tempat yang koneksi internenya lancar. tidak mungkin kan menikmati photo blog tetapi koneksi lelet dan malah tidak muncul gambar? lalu lihat apa dong. ibarat menikmati teh itu berbeda rasa dan "ritualnya" daripada ketika minum air putih.





[caption id="attachment_2203" align="aligncenter" width="660"]tampilan header machinami.biz tampilan header machinami.biz[/caption]

Machinami.biz, dari namanya sudah bisa disangka kalau itu adalah blog dari negeri sakura, Jepang. photo blog yang dimiliki oleh Minako Shoh, seorang lawyer Jepang yang suka atau lebih dibilang cinta traveling baik di Jepang maupun keliling dunia. menampilkan foto-foto tentang jalan, sungai, pasar, stasiun kereta, bandara, hotel, potret orang, makanan, craft/kerajinan, baik di Jepang maupun around the world. diambil dengan menggunakan Olympus OM-D E-M1, E-M5 mirrorless SLR equipment, single-focus lens. tetapi di foto-foto yang terdahulu diambil dengan menggunakan kamera digital.


Ketika kita masuk, kita langsung disuguhi dengan foto header yang besar dengan judul blog dengan huruf hiragana, まちなみ逍遙 (Street roamed, Eng.) – Wandering the Wonderful Streets. sebagaimana blog atau website yang berasal dari Jepang, machinami.biz tampil dengan dominasi huruf jepang baik katakana maupun hiragana, tetapi menariknya ada sedikit ditampilkan keterangan dalam Bahasa Inggris. bagi saya, keberadaan huruf katakana dan hiragana menambah eksotisme dan kenikmatan tersendiri dalam menikmati foto-foto yang ada, meski saya sama sekali tidak bisa membacanya. untuk bisa memahami apa yang disampaikan, bisa digunakan fasilitas google translate yang tersedia di sidebar. tapi saya sarankan untuk men-translate ke Bahasa Inggris, bukan langsung ke Bahasa Indonesia.




[caption id="attachment_2204" align="aligncenter" width="660"]ada foto salak juga di machinami.biz ada foto salak juga di machinami.biz[/caption]

Selain foto-foto tentang Jepang, yang tentu saja mendominasi isi blog, Shoh juga telah berkeliling ke amerika utara, oceania, afrika, asia, serta eropa. Indonesia? tentu ada. ada dua judul postingan yang menampilkan tentang Indonesia, yaitu tentang hotel Sheraton dan tentang Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Pasar Beringharjo (dan sekitarnya). apapun bisa difoto dan menampilkan sensasi tersendiri. bagaimana keramaian pasar di India, gerobak bakso di Jogja, ramainya kendaraan di jalan malioboro, lanscape rumah-rumah di eropa, sungai di Venesia, summer di London yang berkabut, tentu saja menu wajib yaitu setiap titik detail baik jalan, gang, pasar, tumbuhan, makanan, bunga, kucing, objek wanita cantik dan masih banyak lagi tentang Jepang.


Minako Shoh merupakan seorang lawyer yang juga blogger. Di blog shoh.info, Shoh menulis dan ditampilkan dalam hampir sepenuhnya berhuruf Jepang baik katakana maupun hiragana. ketika saya membaca beberapa laman sosial media Shoh, semisal twitter, linkedin, tumblr, juga banyak ditampilkan foto-foto. Shoh juga meng-upload foto-fotonya, sebagai gallery, di 500px dan behance network.




[caption id="attachment_2205" align="aligncenter" width="660"]Personal Blog Minako Shoh Personal Blog Minako Shoh[/caption]

Rasanya nikmat sekali melihat isi machinami.biz. Kita diajak keliling dunia dan Jepang bersamanya. tetapi bagi seorang traveller, tidak ada kata habisnya untuk keliling dunia. di sidebar terdapat "I want to visit" dan "coming soon" yang merupakan destinasi berikutnya untuk dikunjungi dan tentu saja kita nantikan foto-fotonya di blog tersebut. dan kita berharap semoga Shoh berkenan datang kembali ke Indonesia dan mengunjungi destinasi wisata lain yang tentu saja melimpah di bumi nusantara ini. :)