Header Ads

Ngeblog pun Perlu Manajemen Diri

perusahaan yang saya sebut dengan "blog", LBI2015, liga blogger indonesia, edisipertamaI am back, begitulah kira kira yang pertama perlu saya sampaikan. Pekan ke sembilan Liga BLogger Indonesia 2015 seolah-olah ingin menyindir atau setidaknya menampar pakai segepok uang kepada saya. memang beberapa pekan saya absen mengisi form posting blog di LBI2015. dari beberapa pekan yang temanya agak susah maupun bisa disebut mudah, saya lewatkan dengan poin nol. dengan klasemen akhir di liga musim lalu berada di posisi lima, awal pekan ini saya masih berkutat di posisi 18. hasil yang jauh dari memuaskan. tapi apa daya, ada beberapa proiritas pekerjaan yang harus saya kerjakan di samping ngeblog. tema pekan ke sembilan pun dilempar yaitu "Tips Agar Semangat Ngeblog Tetap Menyala".


Akan menjadi sangat aneh jika saya memberikan tips semangat ngeblog padahal saya sendiri melewatkan pekan LBI2015 dengan poin nol. jadi bisa dibilang tulisan ini lebih cocok saya sampaikan untuk saya sendiri dan jika ada yang merasa bermanfaat, ya alhamdulillah.


Banyak yang berkata bahwa di tengah kesibukan apa pun itu bentuk dan wujudnya, kita harus bisa manajemen waktu. tetapi mengutip pesan dari sahabat saya yang kala itu menjadi kepala departemen di organisasi, sedangkan saya jadi stafnya, selain manajemen waktu kita juga perlu manajemen diri. manajemen waktu bisa dilakukan ketika banyak pekerjaan di waktu yang berbeda-beda. misal pekerjaan A di jam sekian hingga sekian, dilanjutkan dengan pekerjaan B, dan seterusnya. tetapi ketika kita memiliki pekerjaan berbeda di waktu yang sama, satu hal yang harus kita lakukan adalah menggunakan skala prioritas. kita harus memprioritaskan mana pekerjaan dengan pertimbangan benefit/manfaat beserta resikonya. jika saya mengerjakan ini apa yang akan saya peroleh dan jika saya tidak mengerjakannya apa yang akan hilang.


Manajemen diri juga berbicara tentang totalitas. ketika kita mengerjakan suatu pekerjaan, termasuk ngeblog, kita sebisa mungkin fokus pada pekerjaan itu dan pikiran tidak bercabang pada pekerjaan lain. misal kita harus mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan totalitas dan fokus di sisi lain kita masih memikirkan ngeblog, apa yang akan terjadi? hasilnya tidak maksimal tidak pula optimal. begitu pula ngeblog, kita masih memikirkan hal lain yang tidak terkait dengan tulisan, hasil postingan pun tidak maksimal tidak pula optimal.


Apa pun pekerjaan yang sedang digeluti dan diprirotaskan, jaga kesehatan. gara-gara tidak menjaga kesehatan dan terlalu memforsir diri, itu pun tidak ngeblog, postingan ini saya buat dalam keadaan flu. untung ngeblog tidak membuat pembaca tertular hehe. makan makanan yang bergizi, halal, dan perbanyak minum. sampai-sampai karena seringnya saya kelupaan bawa minum dari rumah, hampir setiap hari pula membeli air mineral ukuran 600 ml dan botolnya sampai berserakan di rumah.


Intinya apa? apa pun pekerjaaanya termasuk ngeblog, perlu manajemen diri yaitu tentukan prioritas, totalitas, dan fokus. insya Allah akan ada hikmah dan manfaat di balik itu semua.