Header Ads

Farid itu Artinya Apa?

Terkait dengan nama, saya selalu saja teringat ada seorang wanita yang saya temui waktu saya ikut acara pramuka dulu waktu SMA, ia bertanya "Farid itu artinya apa?". Karena saya dalam kondisi yang agak sibuk, saya spontan menjawab "sendiri". Setelah itu, sampai sekarang saya penasaran siapakah ia? :)


Meskipun saya bukan analis tentang nama, tetapi saya sering iseng mencari-cari arti nama seseorang. Misal nama saya Farid Nugroho, saya menduga artinya adalah Farid itu sendiri (kata pak guru juga begitu). Lalu Nugroho itu sama dengan anugerah. Jadi kurang lebih Farid Nugroho itu satu anugerah. Meski demikian, saya bertahun-tahun penasaran mengapa saya dberi nama itu. Dan saya baru setahun yang lalu mengetahuinya.


Saya, mungkin Anda juga, berpendapat bahwa nama adalah doa. Itu yang membuat saya penasaran mengapa nama saya Farid. Kalau nugroho atau anugerah, setiap orang pasti menginginkannya. Tetapi, apakah kata "farid" itu terkait saya yang "jumlahnya" satu? padahal di rumah saya bukan anak tunggal melainkan anak ragil alias bungsu dari dua bersaudara. Bahkan saya pernah mendengar dari ibu saya kalau saya dulu akan diberi nama Fajar tetapi karena lahirnya sudah tidak waktu fajar, ga jadi deh. :D


Akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Setahun yang lalu saya ikut menyebarkan undangan pernikahan sepupu. Seselesai saya menjalankan tugas, saya cerita kepada ibu saya kalau saya menyebarkan ke ini, ini, ini, dan selanjutnya. Dari sekian puluh lembar undangan yang menjadi jatah saya, ada satu undangan yang bisa dibilang spesial. Saya lupa nama beliau karena memang saya baru tahu beliau di hari itu.


Beliau adalah istri dari seorang bapak yang namanya sama dengan nama saya, Pak Farid. Beberapa hari sebelum saya lahir, bapak ini yang berprofesi sebagai guru dan teman ibu saya, mendapatkan promosi jabatan menjadi pengawas. Karena kesuksesannya itu, menjadi inspirasi kepada ibu saya untuk memberi nama bayinya, yaitu saya, dengan nama Farid. Harapannya agar masa depan saya juga baik. Meskipun ibu saya tidak tahu arti kata "farid" itu apa. hehe.


Nama adalah doa. Dan saya kini paham bahwa doa yang tersemat pada nama bukan sekedar arti harfiah dari nama itu sendiri. Tetapi ada makna yang sangat luas terkait denagn doa itu. Salah satunya mengenai sejarah pemberian nama. Ibu saya berdoa agar saya mencapai kesuksesan bukan tersemat pada arti yang ada di nama melainkan pada mengapa nama "farid" itu ada. Dan doa itu bagi kita yang kemana-mana membawa nama, adalah amanah yang harus kita jaga. Jadi, saya selain menjawab dengan kata "sendiri", ketika ada yang bertanya "Farid itu artinya apa?", saya bisa menjawab dengan jawaban "kesuksesan". :)