Header Ads

Klaten Tolong Perbaiki Jalan Ini

Jalan rusak, suatu hal yang kita anggap lumrah dan sangat biasa. Akan tetapi, jika jalan yang berlubang itu bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa, tentu tidak bisa kita berdiam diri. Salah satunya di dusun Jetis, Wonosari, Trucuk atau jalan Mlese-Cawas, Klaten beberapa waktu lalu ada pengendara motor terjatuh karena jalan yang berlubang. Beruntung (jatuh kok beruntung) ia hanya mengalami luka ringan. Mungkin masih banyak tempat yang demikian, tetapi kebetulan saya berada di lokasi itu ketika kejadian terjadi.

Jalan Mlese Cawas Trucuk Klaten rusak
Jalan rusak

Jadi ceritanya saya waktu itu sedang jalan-jalan keliling Klaten. Pada perjalanan pulang, saya tiba beberapa meter dari tempat kejadian, saya sedang berhenti untuk mengenakan jas hujan. tiba-tiba "gubrak" ada suara motor terjatuh. Seketika saya langsung lari bermaksud untuk menolong. Meskipun akhirnya bukan saya yang menolongnya bangun karena ada pengendara motor lain yang lebih sigap dari saya.

Lokasi itu memang banyak jalan yang berlubang di antara jalan yang halus. Kebetulan juga tempat ia jatuh penerangan sangat minim atau lebih cenderung bisa disebut gelap. Sehingga jalan yang berlubang tidak begitu kentara. Pada saat kejadian, ada salah satu warga setempat yang lari ke itu karena mendengar suara motor jatuh. Sedikit ngobrol dengannya, ternyata tempat itu sering sekali menelan korban jiwa hingga meninggal. Dan penyebabnya adalah jalan yang berlubang didukung gelapnya lokasi.

Jalan Mlese Cawas Trucuk Klaten rusakJalan Mlese Cawas Trucuk Klaten rusak

Dimana sih lokasinya? Kalau kita berkendara dari arah Jogja, lampu merah setelah RS Islam Klaten, atau yang disebut dengan lampu merah Mlese, belok kanan sekitar 2 kilometer. Jalan itu memang cukup ramai. Jadi beruntung (sekali lagi, jatuh kok beruntung), ketika kejadian tidak ada kendaraan lain yang ada di belakangnya. Sehingga ketika ia jatuh tidak tertabrak kendaraan lain.

Saat kejadian, kondisi gelap dan turun gerimis yang membuat saya kesulitan untuk memfoto lokasi. Beberapa hari kemudian saat kondisi masih sore dan terang saya ke lokasi untuk menyempatkan diri untuk melihat serta memfotonya. 

Saya mungkin memang tidak bisa membantu secara nyata memperbaiki jalan atau menyediakan penerangan. Semoga ada yang membaca tulisan absurd ini dan pihak yang terkait berkompeten untuk beraksi. Dan kejadian di lokasi hanya sebuah kasus karena masih banyak lokasi yang juga jalan berlubang. Semisal kalau Klaten adalah di Jalan Pakis-Daleman. Jadi kita sama-sama berharap semoga tidak ada korban jiwa lagi. Klaten tolong perbaiki jalan ini. :)