Header Ads

Titip Absen Awal dari Korupsi

Apakah Anda mahasiswa atau pernah menjadi mahasiswa? Pernahkah Anda melakukan tindakan titip absen? Anda yang titip ataukah yang mengabsenkan? Banyak dari kita ketika duduk di bangku kuliah karena banyaknya kesibukan di luar, membuat kita tidak bisa masuk kelas. Dan ujung-ujungnya titip absensi.


Apakah dosen tidak tahu kalau kita titip absen? saya rasa mereka tahu. Tapi mungkin banyak hal yang membuat mereka merasa ada hal yang lebih penting untuk dibicarakan daripada sekedar absensi. Ada salah satu dosen saya dulu, tidak mengizinkan adanya titip absen. Beliau lebih mengizinkan mahasiswa tidak masuk kelas daripada harus titip absensi. Beliau mengatakan bahwa titip absen adalah awal mula tindakan korupsi.


Kok bisa? Kata beliau, para pejabat yang suka korupsi itu di keseharian juga suka titip absen. Ketika ia sedang dalam suatu tugas di waktu yang bersamaan tetapi dengan tempat yang berbeda, ia harus menghadiri acara yang lain. Karena pejabat ini sudah terbiasa dengan titip absen, ia tinggal menghubungi teman yang ada di salah satu lokasi yang tidak bisa dihadiri untuk mengisikan presensi.


Pejabat, di setiap acara pasti ada amplopnya. Dan untuk mencairkan amplop itu syaratnya adalah adanya tanda tangan. Ia bisa mendapat dua amplop di waktu yang bersamaan padahal di tempat dan acara yang berbeda. Caranya adalah dengan titip absensi.


Tentu saja sikap ini bukan karena kepepet. Orang yang sudah terbiasa dengan sikap seperti ini di masa kuliah akan terbawa ke dunia kerja. Apalagi ketika ia menjadi pejabat, godaan itu akan selalu ada. Apakah itu benar-benar terjadi? Wallahu a'lam. Saya tidak tahu karena saya memang belum pernah menjadi pejabat. Yang saya tahu itu pesan yang disampaikan oleh dosen saya dan saya berusaha untuk tidak melakukan titip absensi.


Beruntung bagi anda kuliah di kampus yang sudah dilengkapi dengan absensi sidik jari karena kecil kemungkinan untuk titip absensi. Memangnya Anda tidur di kos lalu jari Anda dibawa ke kampus oleh teman untuk isi presensi? tidak bukan. Sehingga meminimalisasi benih-benih koruptor di masa mendatang. :)