Header Ads

Tren Blogger 2016: Semua Bisa Jadi Positif

Pada salah satu pekan di Liga Blogger Indonesia 2015 yang lalu, kita pernah membahas mengenai tren blogger 2015. Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai tren blogger 2016, setidaknya dari sudut pandang saya. Setidaknya kita tidak akan berbicara terlalu jauh dari apa yang telah kita sampaikan pada 2015 yang lalu.


Masih seperti 2015, dilihat dari empat fase kehidupan suatu produk atau product life cycle yang meliputi birth, growth, mature, dan decline, di 2016 masih akan pada fase growth. Setiap blog memiliki pangsa pasar masing-masing. Blog otomotif akan laku oleh pembaca yang suka dengan otomotif, blog travelling akan laku oleh pembaca yang suka jalan-jalan, blog tentang green environment juga akan laku oleh pembaca yang suka dengan alam, dan selanjutnya. Jadi, akan selalu ada tantangan bagi blogger untuk menampilkan sesuatu yang beda untuk blognya masing-masing.


Hajatan politik nasional, pemilihan umum presiden, telah dua tahun berlalu. Jika di tahun 2015 kita melihat begitu terasa bahwa masyarakat terkotak-kotak dengan blok A dan blok B, kini masyarakat mulai bersikap realistis. Memang masih ada sisa-sisa "peperangan" berupa saing hujat. Tetapi apakah kita mau seperti itu terus?


Di 2015, kita telah disibukkan dengan menjadi "polisi" online. Kita yang secara sadar maupun tidak masuk menjadi salah satu blok di pusaran politik dengan masuk di salah satu blok. Dengan konsekuensinya, kita memata-matai tindakan blok lain lalu menyebarkan di media sosial dan blog. Di luar dunia politik, kita juga disibukkan dengan tindakan masyarakat yang dirasa merusak tatanan kehidupan.


Semua bisa jadi positif. Live must go on. apakah ketika kita melihat sesuatu yang kita rasa kurang sreg, kita cukup dengan menegurnya? Jika teguran itu tetap saja tidak dihiraukan atau justru orang lain mengulangi kesalahan yang sama, kita lama kelamaan akan merasa kesal juga. kita sebagai penguna media sosial dan blog, akan juga ikut berubah dari menulis tentang "kok begitu sih" menjadi "seharusnya begini".


Menjadi positif bisa dengan banyak cara. Jika kita belum bisa menampilkan bagaimana menjadi baik, kita juga bisa menampilkan kebaikan yang sudah ada. Hal-hal yang baik akan selalu disukai oleh orang lain karena memang manusia pada hakikatnya suka dengan hal yang baik. Dan itu ketika ngeblog dengan hal-hal yang baik, akan menarik pasar atau pembaca seluas-luasnya. Menjadi positif bukan sekedang prediksi untuk setahun ke depan tetapi juga harapan. Sehingga kita sebagai blogger bisa selalu menyebarkan virus positif untuk menetralisir hal-hal negatif yang sudah ada di masyarakat.


Di postingan terdahulu, sedikit kita singgung mengenai hajatan akbar Blogger Nusantara. Semoga di 2016 ada pihak yang berkenan menyelenggarakan. Apakah di Bojonegoro, apakah di luar jawa, semoga bisa ada dan semoga kita para blogger bisa ikut.


Bagaimana 2016 nanti, tergantung dari kita mau membuatnya seperti apa. Dalam ngeblog juga demikian. Mau masuk dalam fase mature lalu decline ataukah mau kita buat tetap dalam fase growth juga tergantung kita. Kita mau ngeblog positif atau negatif juga semua terserah kita. Yang pasti, setiap orang hakikatnya suka dengan kebaikan. Dan jika kita mau menyebarkan kebaikan, itulah jalan kita untuk menjadi blogger positif. Dan setiap dari kita bisa menjadi positif. :)