Header Ads

Menjajal OPPO F1 Selfie Expert

Lagi-lagi ini adalah tulisan yang seharusnya ditulis beberapa waktu yang lalu tapi karena keterbatasan maka baru bisa ditulis sekarang. Pada 16 Maret 2016 saya ikut serta dalam acara Oppo Community F1 Meet Up Solo di Soga Cafe Solo. Sebenarnya saya bisa disebut penyusup di acara ini mengingat saya waktu itu dan sampai saat ini belum menjadi pengguna Oppo. Hehe..


Di sana saya bisa mencoba handset smartphone yang menurut saya keren. OPPO cameraphone yang di brand ambassador-i oleh pembalap yang sedang hot, Rio Haryanto, ini mengusung tagline Selfie Expert. Karena memang gadget ini lebih menonjolkan sisi kamera. Ya memang "ono rego ono rupo", jika dibandingkan ponsel saya, kamera yang tersemat pada OPPO F1 ini memuaskan. Hasilnya jernih baik kamera depan maupun belakang. Pantas saja mengingat resolusinya 13 Megapixel dan 8 Megapixel.

Masih terkait dengan kamera, di OPPO F1 sudah tersemat LCD flash. Maksudnya ketika kamera "jepret" layar juga "jepret" memancarkan cahaya sebagai flash. Hal ini lebih nyaman daripada dibandingkan dengan flash biasa yang sering membuat silau, sebagaimana handset bukan OPPO yang masih saya pakai sekarang :D . Teknologi LCD Flash ini, kata mas Fani dari OPPO Indonesia, pertama kali yang menggunakan adalah OPPO meskipun ada vendor lain mengaku-aku menjadi yang pertama.

Masih tentang kamera juga, berbeda dengan smartphone lain yang ketika kita ingin menge-share foto ke sosial media semisal instagram atau menjadikan display picture BBM, kita beri efek ketika foto itu sudah ada, di OPPO F1 memungkinkan kita untuk membuat efek sebelum kita memotret. Jadi kita memilih dahulu efek yang kita inginkan baru "jepret". Hal ini mengakibatkan kualitas foto tidak menurun setelah mendapatkan efek. Lain halnya jika efek itu bekerja pada foto yang sudah jadi, kulaitas foto bisa jadi menurun ataupun size foto menjadi membengkak.

Adalah sebuah penyesalan bagi saya, saya sudah mencoba beberapa fitur yang ada di dalamnya terutama kamera baik kamera depan maupun belakang tetapi saya lupa memindahkan ke gadget saya. Alhasil saya tidak memiliki dokumentasi bagaimana hasil foto menggunakan OPPO F1. Semoga di lain kesempatan ada yang berkenan memberi saya OPPO secara gratis untuk mengobati penyesalan saya ini. :D



Untuk bagian dalam, OPPO F1 menyematkan Color OS yang setara dengan android lolipop. Color OS adalah sistem operasi yang dikembangkan langsung oleh developer OPPO. Hal ini menyebabkan fitur-fitur yang ada di smartphone OPPO terkhusus OPPO F1 sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. Semisal, salah satunya, untuk membuka kunci cukup dengan mengetuk layar dan tidak perlu menekan tombol di tepi sebagaimana gadget lain. Fitur ini katanya sudah ada sejak OPPO generasi terdahulu.

Untuk casing, OPPO F1 menggunakan metal. Karena menggunakan metal, OPPO F1 tidak mudah tergores. Secara genggaman tangan pun OPPO F1 juga terasa nyaman. OPPO F1 juga tidak memaksakan kita untuk menggunakan dua tangan, melainkan dengan satu tangan pun terasa nyaman. Secara tampilan juga terlihat mewah dan tidak murahan.

Belinya dimana dan harganya berapa? Di Blibli.com, ada beberapa varian OPPO F1. Untuk harga smartphone OPPO F1 Gold Smartphone, dibanderol dengan harga Rp 3.499.000,- Untuk tipe lain bisa dilihat langsung di Blibli.com/OPPO-F1. Di sana ada pula pilihan untuk sistem cicilan baik enam bulan maupun 12 bulan, tergantung preferensi masing-masing dari kita.

Mengapa Blibli? Pernah melihat pertandingan bulu tangkis semisal Indonesia Open atau All England? Di sana tulisan Blibli.com tersemat sebagai sponsor utama pada jersey pemain bulu tangkis Indonesia. Adalah sebuah nilai tersendiri ketika suatu merk telah menjadi sponsor utama dari sebuah tim terlebih mewakili negara. Mana mungkin jika Blibli.com tidak kredibel bisa menjadi sponsor utama. Kredibilitas dan kepercayaan adalah modal utama dalam dunia ecommerce. Dengan adanya nama Blibli.com di sana membuktikan bahwa situs ini layak untuk dipercaya.

Terkait dengan servis atau pelayanan, berhubung saya belum pernah berhubungan atau melakukan aktivitas jual beli di Blibli.com, maka saya belum bisa memberikan banyak cerita tentangnya. Tetapi dengan melihat apa yang ada di situsnya, dapat dilihat bahwa Blibli.com memberikan banyak pilihan untuk kita, tergantung mana yang lebih kita sukai. Misal mengenai metode pembayaran, nama-nama bank nasional beserta fasilitasnya dan ritel tenama nasional pun telah digandeng sehingga memudahkan proses pembayaran. Begitu pula terkait jasa pengiriman, Blibli.com menjalin kerja sama dengan banyak penyedia jasa pengiriman. Sekali lagi semua tergantung mana yang terbaik untuk konsumen.

Mengapa harga OPPO F1 di Blibli.com mahal? Sebenarnya OPPO F1 memang layak dihargai mahal. Di atas sudah saya sampaikan bahwa "ono rego ono rupo", karena memang secara kualitas OPPO F1 layak dihargai mahal mengingat kelebihan-kelebihan yang tersemat di dalamnya. Meskipun kita harus ingat bahwa mahal itu relatif. OPPO F1 yang mengusung tagline Selfie Expert menonjolkan diri sebagai ponsel yang unggul di sisi kamera terlebih kamera depan. Selain jernih juga dilengkapi dengan banyak efek serta LCD Flash. OPPO F1 adalah smartphone selfie terbaik yang saya kenal sampai saat ini.


Terima kasih, sebuah pengalaman tersendiri menjadi penyusup di acara yang diselenggarakan oleh OPPO. Meski saya bukan pengguna OPPO tetapi penyelenggara memberi kesempatan bagi saya untuk mendapatkan makan malam gratis, eh maksudnya menjajal OPPO F1 Selfie Expert yang bikin ngiler. Semoga suatu saat ada kesempatan lagi untuk bukan sekedar menjajal tetapi memilikinya. Jika memang rejeki tak akan kemana. :)

*foto yang ada di postingan ini tidak diambil menggunakan OPPO tetapi kamera ponsel merk lain*