Header Ads

8 Kunci Sukses

Kemarin siang melihat ada teman di mantan perusahaan (bacanya jangan dibalik jadi perusahaan mantan lho ya, hehehe), yaitu PT Dan Liris grup, yang meng-upload foto di intagram tentang keikutsertaannya di acara AMT atau achievement motivation training. Lokasinya pun sama dengan tahun lalu, di River Hill Tawangmangu. Sebenarnya banyak hal yang bisa diceritakan mengenai acara selama dua hari satu malam itu. Tetapi, berhubung saya ikutnya sudah setahun yang lalu, dan saya sudah resign dari perusahaan itu, maka yang bisa saya share hanya sedikit ilmu yang masih ada di catatan saya.


Materi ini disampaikan oleh alm Budi Santoso, mengenai delapan kunci hidup sukses. Siapa sih yang tidak mau hidupnya sukses. Memang parameter sukses untuk setiap dari kita berbeda-beda. Tetapi untuk meraih kesuksesan itu kurang lebih sama.

Yang pertama adalah karakter baik. Karakter atau sikap atau watak dari manusia tidak semata-mata dibawa dari lahir. Memang ketika lahir kita sudah membawa suatu sifat bawaan, tetapi kita hidup berhak membentuk sendiri mau seperti apa karakter kita. Dalam kaitannya dengan karakter yang baik, kita hidup mengikuti hukum panen. Kita akan memanen apa yang telah kita tanam. Ketika kita menanam pengetahuan kita akan memanen perbuatan. Ketika kita menanam perbuatan, kita akan memanen kebiasaan. Ketika kita menanam kebiasaan maka kita akan memanen karakter. Dengan kita menanam karakter atau watak atau sikap, maka kita akan memanen nasib. Dengan karakter yang baik, nasib kita akan menjadi baik pula. Jadi jika kita mau memiliki nasib yang baik, hal awal yang harus kita lakukan adalah mencari ilmu pengetahuan yang baik.


Kedua, kita harus tahu kita ini siapa. Kita adalah manusia dan manusia terdiri atas komposisi: (1) Roh atau spirit atau keyakinan. Komposisi pertama ini adalah hal yang menggerakkan kita untuk melakukan segala hal, (2) hati, (3) pikiran, (4) fisik atau sikap. Ibarat telur, roh atau spirit atau keyakinan berada di bagian paling kuning dan paling dalam, sedangkan fisik atau sikap berada di bagian cangkangnya. Jadi jika kita hanya menilai diri dari sikap, itu hanya bagian luarnya.

Ketiga, selain tahu, kita juga harus mengenali diri sendiri, setiap dari kita adalah juara. Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar bahwa kita adalah juara dengan mengisahkan tentang perjuangan sperma untuk mencapai sel telur hingga akhirnya menjadi diri kita yang sekarang. Ya begitulah kurang lebihnya.

Keempat, kita harus membuka gembok yang membelenggu diri kita sendiri. Tanpa kita sadari, kita terbelenggu oleh gembok yang kadang kita buat sendiri. Bisa juga gembok itu keterbatasan yang berasal dari luar. Oleh karena itu, kita membukanya dengan kunci AKU 3C. AKU adalah Ambisi, kemauan, dan usaha. 3C adalah Coba!, Coba!, Coba!. Sengaja memakai tanda seru, karena dalam mencoba harus dengan semangat tinggi.

Kelima, kita harus mengerti bahwa kesuksesan dan kegagalan adalah dualitas yang harus dirangkul. Hidup tidak akan terlepas dari kesuksesan dan kegagalan. Tidak mungkin kita sukses terus atau gagal terus. Maka setiap ada kesuksesan atau kegagalan, kita merangkulnya untuk mendapatkan kesuksesan yang lebih tinggi di masa mendatang.

Keenam, kita harus tahu tujuan hidup kita. Ada dua tujuan hidup yaitu pertama terkait dengan Tuhan dan yang kedua terkait dengan manusia. Meskipun pada akhirnya nanti setiap apa yang kita kerjakan akan berujung pada pengabdian kepada Tuhan.


Ketujuh, manajemen waktu. Hal ini terkait dengan apa yang telah terjadi di masa lampau, apa yang sedang kita kerjakan sekarang, dan apa yang akan kita kerjakan nanti. Sudah terlalu banyak kuliah mengenai manajemen waktu, kembali bagaimana kita mengerjakannya.

Kedelapan, Team work. TEAM bisa dipanjangkan menjadi Together, Everyone, Achieve, more. Sehingga apa yang kita kerjakan bersama akan memberikan manfaat yang dirasakan bersama pula.

Tambahan, dari keseluruhan delapan kunci hidup sukses, kita harus rendah hati, sabar, dan bertanggung jawab. Karena tiga hal tersebut adalah kekayaan yang sangat penting dan utama dalam hidup. Semoga dengan kita mengimplementasikan delapan kunci sukses di atas, kita bisa benar-benar memperoleh kesuksesan dunia akhirat.

Terima kasih PT Dan Liris grup semoga sukses selalu, terima kasih Pak Budi Santoso semoga Tuhan menerima ibadah-ibadahmu, aamiin.