Header Ads

Tiga Tipe Mahasiswa, Anda Termasuk yang Mana?

Anda mahasiswa baru, mahasiswa lama, atau pernah merasakan menjadi mahasiswa? Banyak hal yang dirasakan sebagai seorang mahasiswa. Banyak pula kegiatan yang menyibukkan dan ada pula yang sengaja dihadirkan agar kelihatan sibuk. Mungkin 3 tipe mahasiswa ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai dunia kuliah.

1. Mahasiswa tipe kupu-kupu, alias kuliah pulang-kuliah pulang. Jadi kehidupan masa kuliah hanya sebatas "mengukur jalan" dari kampus ke rumah atau kos. Apakah tipe mahasiswa ini salah? Kita tidak bisa menyimpulkan demikian. Mungkin di rumah atau di kos mahasiswa tipe ini ada kegiatan lain semisal kegiatan kemasyarakatan. Atau bisa juga karena mahasiswa ini di kos atau di rumah benar-benar belajar, bukannya cuma tidur. Husnudzan saja :)

2. Mahasiswa tipe kura-kura, alias kuliah rapat-kuliah rapat. Jadi kehidupan sehari-hari di kampus selalu dipenuhi dengan agenda rapat. Biasanya, meski tidak mengikat, mahasiswa tipe ini adalah jenis mahasiswa aktivis. Bisa jadi karena kegiatan keorganisasian yang diikuti tidak hanya satu melainkan banyak, maka mahasiswa ini sampai bingung mengatur jadwal rapat. :)

3. Mahasiswa tipe kuda-kuda, atau kuliah dagang-kuliah dagang. Selain beraktivitas sebagai mahasiswa yang kuliah, mahasiswa ini juga sambil berdagang. Ia mengumpulkan uang sambil berkuliah. Tipe mahasiswa ini sedang ngetren belakangan. Asal saja kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas kuliah.

Saya dulu termasuk mahasiswa tipe mana? Ketiga-tiganya saya pernah mengalami. Lalu, Anda termasuk yang mana?:)