Header Ads

Ngeblog Tidak Harus Menulis

Selamat Hari Blogger Nasional saya ucapkan kepada semua blogger di Indonesia. Apapun platformnya, niche-nya, tipe blognya, penghasilannya, semoga kita tidak bosan berbagi manfaat melalui blog. 


Seberapa sering kita membaca atau mendengar bahwa jika kita mau sukses ngeblog, kita harus bisa menulis dengan baik? Lalu bagi sebagian dari kita yang tidak bisa atau tidak terlalu suka dengan menulis tidak boleh ngeblog dong. Masa kita langsung memvonis orang dengan hal seperti itu, kasihan kan. :)

Padahal, ngeblog tidak harus menulis. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam dunia blogging. Ngeblog sebenarnya bisa dilakukan tanpa tulisan yang terlalu banyak. Misal di blog boingboing.net yang pernah saya review beberapa waktu lalu, di sana justru tulisannya cukup sedikit. Di boingboing ada banyak variasi antara tulisan, foto, video, dan podcasting. Contoh lain, blog machinami.biz merupakan fotoblog. Di sana yang ditampilkan adalah foto-foto hasil jepretan Minako Shoh. Hanya sedikit tulisan yang menyertai foto-fotonya.

Jadi, jika kita tidak ingin terlalu terpaku pada tulisan yang selalu ditampilkan di blog, kita bisa ngeblog dengan hal yang berbeda. Seperti Minako, kita bisa membuat fotoblog. Kita cukup menampilkan foto-foto yang kita jepret lalu diberi sedikit tulisan atau caption.

Atau kita bisa memilih menjadi video blogger. Ya mirip-mirip sih dengan youtuber. Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada semisal youtube lalu kita tampilkan di blog atau kita buat kustomisasi blog kita agar bisa digunakan untuk mengunggah dan menonton video kita.

Atau bisa pula kita bermain dengan suara dalam podcast atau webcast. Kita menampilkan konten blog kita dengan rekaman suara kita. Seperti dengan blog biasa yang bercerita banyak hal melalui tulisan, cerita itu kita sampaikan dengan suara saja. Ya semacam pakai soundcloud begitulah. Tetapi kita tampilkan dalam blog kita.

Pilihan ada pada kita, menulis, fotoblog, video blogging, podcast/webcast, atau jenis lain yang mungkin belum saya sampaikan di sini. Atau menggabungkan hal-hal di atas sebagaimana boingboing.net? Kalau saya masih nyaman dengan menulis. Dalam hal potret memotret saya masih susah, apalagi merekam suara atau video saya masih malu, hehe. Ngeblog itu tidak harus menulis, tergantung dari masing-masing kita bagaimana berimprovisasi dan berinovasi. :)