Header Ads

Pelayanan yang Buruk itu Merugikan

Beberapa waktu lalu saya ikut berjualan di pasar online, sebut saja OLX. Saya menjual Wifi USB bekas saya yang tidak terpakai karena tidak kompatibel dengan komputer saya. Sebenarnya bukan tidak kompatibel, tetapi karena saya memakai linux dan saya lagi malas otak-atik, makanya saya membeli yang baru dan yang sudah ada saya jual dengan harga yang lebih murah.


Di sini saya baru merasakan bagaimana pelayanan yang buruk sangat tidak mengenakkan. Bukan hanya tidak mengenakkan bagi konsumen, bagi penjual pun rasanya tidak enak. Ada beberapa konsumen yang berniat membeli tetapi saya sebagai penjual justru tidak memberikan pelayanan yang terbaik dan saya rasa pembeli juga merasa kecewa. Aneh ya, penjualnya serasa sengaja mengecewakan pelanggannya, haha.

Sebenarnya tidak sepenuhnya sengaja. Awalnya saya kehabisan pulsa. Konsumen beberapa kali sms saya, karena pulsa habis dan dompet kosong selama beberapa hari, maka tidak saya tanggapi. Kebetulan juga beberapa pesan WA juga ada yang masuk tetapi kondisi saya susah sinyal ditambah kuota internet tinggal sekian, maka juga tidak saya tanggapi. Betapa menyedihkan hidup saya. Ada beberapa yang mengajak COD pun tidak saya tanggapi karena beberapa hal, saya rasa saya telah mengecewakan mereka.

Beberapa hari calon konsumen telah saya kecewakan, saya merasa sadar kalau saya salah. Saya harus mengubah diri saya. Setelah saya memiliki pulsa dan kuota internet, satu persatu saya hubungi apakah masih berminat membeli. Ternyata saya merasakan getahnya. Kebanyakan tidak menanggapi pesan saya dan ada pula yang sudah membeli barang yang sama di toko. Huft, ternyata begini rasanya mengecewakan calon konsumen.

Akhirnya saya mendapati calon konsumen lewat sms. Saya tidak mau mengulangi kesalahan yang sama, beliau saya layani sebagaimana mestinya. Semoga barang yang saya jual bisa bermanfaat untuk beliau.

Pelayanan yang buruk bukan hanya merugikan konsumen, penjual pasti terasa atau tidak pasti mengalami kerugian pula. Semoga suatu saat nanti ketika saya memiliki usaha, saya selalu ingat kejadian ini untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. :)