Header Ads

Coming Soon, Festival Salak Pondoh dan Festival Mbok Jamu Gendong

Ssstt..., tadi malam saya dapat informasi kalau di Kabupaten Sleman akan ada Festival Salak Pondoh dan Festival Mbok Jamu Gendong. Memang sih, saya belum mendapatkan informasi valid dari pihak Badan Promosi Pariwisata Sleman. Bahkan saya cari-cari di sosial media dan tanya google, hasilnya nihil. Tapi, saya ada keyakinan khusus kalau acara ini memang akan benar-benar ada. Saya hanya mendapat sedikit agak banyak tentang festival salak pondoh. Sedangkan festival mbok jamu gendong saya tidak tahu sedikit pun. Hoax? Semoga saja tidak.

Rencananya festival tersebut akan diselenggarakan di Lapangan Denggung Sleman pada 25 Desember 2016. Acara ini bertemakan "Dolan Sleman Dadi Tuman", artinya dolan/bermain ke Sleman nantinya jadi kecanduan. Di acara festival salak pondoh ini, nantinya akan ada makan salak pondoh gratis oleh setidaknya 5000 orang. Ya, gratis, karena buah salak pondoh sudah disediakan dan tinggal makan. Selain itu, akan ada pawai dan beberapa pemecahan rekor MURI.

Coming Soon, Festival Salak Pondoh dan Festival Mbok Jamu Gendong

Agenda ini merupakan event akhir tahun bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-100 Kabupaten Sleman, yang mana sudah dimulai sejak Bulan Mei lalu. Dan di Bulan Desember nanti, pertanian salak pondoh di Kabupaten Sleman diprediksi akan memasuki panen raya. Oleh karena itu, perlu adanya syukuran karena masih diberi nikmat berupa harta. Agenda ini sekaligus untuk memperkenalkan kembali salak pondoh sleman kepada masyarakat. Bukan hanya masyarakat Kabupaten Sleman, tetapi juga kepada khalayak luas. Hal ini mengingat tidak semua warga Sleman adalah petani salak pondoh.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS). Badan ini adalah sebuah badan yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Sleman, Bpk Sri Purnomo. BPPS memiliki visi Menjadikan Kabupaten Sleman sebagai kabupaten tujuan wisata melalui produk asli yang inovatif dan kreatif. Sedangkan misinya adalah menjadi badan promosi pariwisata Sleman bersama masyarakat sleman siap menghadapi MEA dengan menguatkan berbagai sektor unggulan. Dengan visi dan misi tersebut, jelas bahwa salak pondoh merupakan potensi yang dapat dan harus dimanfaatkan BPPS untuk mempromosikan Kabupaten Sleman.

Sambil menunggu rilis resmi dari BPPS mengenai acara Festival Salak Pondoh dan Festival Mbok Jamu Gendong ini, sebaiknya kita siapkan akomodasi ke Kabupaten Sleman. Dan bagi yang sudah ada di Sleman dan sekitarnya, catat tanggal tersebut, jangan sampai terlewat. Mari kita dukung program pariwisata Sleman untuk mendukung juga program Wonderful Indonesia. :)