Header Ads

Kegiatan Tanoto Foundation Dalam Membantu Pendampingan Anak di Kesibukan Kota Jakarta


Sebagai kota metropolitan, kesibukan tinggi merupakan keseharian warga kota Jakarta. Tuntutan hidup yang tinggi membuat orangtua kerap terpaksa menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah. Akibatnya anak-anak hanya diasuh oleh pembantu atau kerabat. 

Padahal, pada usia dini seperti di bawah tiga tahun, otak anak butuh stimulan yang optimal untuk berkembang. Otak mereka seperti spons yang bisa menyerap berbagai pengetahuan dengan cepat. Semestinya hal tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendidik anak.

Hal itu pula yang mendorong kehadiran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Huda di Kelurahan Gandaria Selatan, Jakata Selatan. Kepedulian warga dengan kondisi anak mereka dan anak-anak di sekitarnya, membuat mereka tergerak mengumpulkan iuran seadanya untuk mendirikan PAUD Al-Huda yang memanfaatkan Sekretariat RT.06 sebagai lokasinya.

Tentu saja kondisinya jauh dari kondisi PAUD yang ideal. Atap bangunan dan lantainya seadanya, sehingga sering mengganggu proses belajar yang diselenggarakan di sana. “Walaupun warga telah berkontribusi, PAUD ini masih memerlukan dukungan dalam perawatannya. Saat itu, atap sekolah rembes kalau hujan. Lantai menjadi basah sehingga mengganggu aktivitas anak-anak. Ruangan juga kotor dan kurang nyaman untuk belajar,” kata Salimah, salah seorang warga.

Kondisi tersebut mengusik Tanoto Foundation hingga kemudian memberi dukungan dengan menjadikan PAUD Al-Huda sebagai mitranya. Tanoto Foundation adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto sebagai inisiatif dari seorang pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dengan menjadi mitra Tanoto Foundation, banyak manfaat yang didapat oleh PAUD Al-Huda. Tanoto Foundation segera memperbaiki fasilitas PAUD Al-Huda dengan merenovasi sekaligus diberi sumbangan furnitur di dalam kelas. Bukan hanya itu, PAUD Al-Huda juga mendapatkan dukungan berupa buku pelajaran, buku bacaan, alat peraga pengajaran, hingga sejumlah mainan edukatif yang aman untuk anak. Sekarang, PAUD Al-Huda menjadi ruang belajar yang layak.

“Beruntung kami mendapat dukungan dari Tanoto Foundation. Kini kami memiliki ruangan belajar yang bagus dengan dinding-dinding penuh lukisan yang indah,” ucap Salimah.

Bukan hanya memberikan bantuan pada peningkatan sarana pendidikan, kegiatan Tanoto Foundation juga melakukan peningkatan kualitas guru. Pengajar di PAUD Al-Huda diberi pelatihan keterampilan guru dan Program Sertifikasi Kompetensi Pendidik PAUD.

Mantan Walikota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, bantuan terhadap anak-anak untuk memperoleh ilmu pengetahuan sangat dianjurkan oleh agama dan akan mendapatkan pahala yang tak ternilai. Syamsuddin Noor juga berharap dukungan dari Tanoto Foundation dan kerjasama berbagai dalam mendidik anak-anak ini dapat terus berlanjut di masa depan.

Harapan Syamsuddin dipastikan menjadi kenyataan. Sebab, fokus setiap kegiatan Tanoto Foundation memang pada peningkatan kualitas pendidikan. Aspek tersebut dirasa penting oleh keluarga Sukanto Tanoto sebagai salah satu solusi untuk pengentasan kemiskinan.