Header Ads

Ngeblog Menggunakan Smartphone dan Keyboard Bluetooth

Beberapa hari ini saya memiliki "mainan" baru, yaitu keyboard bluetooth. Berawal dari ketidaknyamanan mengetik postingan blog menggunakan smartphone android ketika menemani sahabat saya di jobfair, saya membelinya. Sebenarnya sudah lama saya ingin membeli, tetapi baru kesampaian sekarang.

Keinginan memiliki keyboard bluetooth ini karena ketika saya sedang bepergian dan mau ngeblog tapi terkedala dengan keyboard itu. Saya termasuk jarang bepergian dengan membawa laptop. Jika smartphone, bisa jadi tidak pernah lepas dari genggaman. Oleh karena itu, sudah seharusnya saya mengoptimalkan apa yang ada, yaitu smartphone android.

Saya mencoba mencari di beberapa toko komputer atau toko aksesoris hp di Jogja, tetapi hasilnya nihil. Akhirnya saya membeli online di marketplace elevenia dengan pembayaran di indomaret dan pengiriman via JNE. Alhamdulillah dua hari kemudian barang sampai dengan selamat. Setiba di rumah, tidak bisa langsung saya buka karena saya ada acara. Seselesainya acara, tanpa babibu langsung saya coba dengan "mencuri" baterai ukuran AAA milik remote DVD player.

Saya merasa terbantu dengan adanya keyboard bluetooth ini. Tanpa menambah jumlah gadget atau kemana-mana membawa laptop, saya bisa membuat postingan blog dengan bermodal smartphone andromax C3Si. Memang sih ukuran layar bisa dibilang cukup kecil karena hanya 4". Pernah dikomentari sama teman saya kalau layar kurang besar. Tetapi ini yang saya miliki, dengan dukungan keyboard bluetooth ini lumayan lah harus disyukuri.

Aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk ngeblog? Saya memang terbiasa mengetik dengan bantuan text editor semacam notepad, leafpad, atau gedit di komputer, maka saya menggunakan yang serupa di android yaitu Jota (dibaca iota). Setelah jadi, copy-paste ke app blogaway atau blogger. Keduanya hampir sama, tetapi saya lebih senang menggunakan blogaway. Masalahnya satu, jika menggunakan blogger, gambar harus masukkan dulu dengan cara share ke blogger, setelah itu baru dimasukkan tulisan. Jika tulisan dulu baru kemudian gambar, akan terjadi eror. Setelah diupload, baru deh di share ke media sosial.

Ketika kita menggunakan keyboard bluetooth ini, kita bisa memilih bagaimana kerja keyboard ini. Keyboard bisa digunakan layaknya kita menggunakan keyboard di android. Semisal ketika menggunakan tomblol "shift" dengan ketuk "shift" satu kali dan ketuk dua kali untuk mengaktifkan "caps lock". Jika kurang nyaman, kita bisa menggunakan mode windows, yaitu bekerja layaknya keyboard komputer. Shift, caps lock, ctrl+A (blok semua), ctrl+C (copy), ctrl+V (paste), dan lain-lain berjalan normal.

Smartphone memang sudah menjadi benda yang tak terpisahkan. Laptop atau komputer desktop hanya sesekali saja disentuh. Penggunaan tablet bisa jadi tidak sesering smartphone. Dengan bermodal keyboard bluetooth, kita bisa ngeblog menggunakan smartphone. Ya resikonya kita kemana-mana membawa keyboard. Apalagi sebagaimana milik saya yang ukurannya cukup besar, berdimensi 28x12 cm. Tetapi, semua demi ngeblog biar lebih nyaman. :)