Header Ads

Om Telolet Om, Lampu Sirine Mobil Polisi itu Menyilaukan

"Om telolet om", sebuah fenomena yang beberapa hari terakhir ini sedang marak. Bahkan di dunia maya, "om telolet om" sempat masuk ke worldwide trending topic. Tetapi di sudut pandang yang lain, fenomena "om telolet om" dianggap tidak sesuai dengan aturan lalu lintas. Sehingga pihak kepolisian mulai menertibkannya. Terkait dengan gangguan di jalan raya, beberapa waktu yang lalu juga sempat ramai di dunia maya mengenai protes dari pengemudi truk terkait lampu yang menyilaukan. Dari hal tersebut, saya merasa ada hal yang juga harus ditertibkan, yaitu lampu sirine polisi.

Lampu sirine mobil polisi menyilaukan
Lampu sirine mobil polisi menyilaukan

Mobil polisi dengan sirine nguing nguing-nya, sering kali mengganggu perjalanan. Suara yang memekakkan telinga itu, untuk saya mengganggu. Apalagi jika mobil patroli polisi itu hanya mengawal rombongan atau konvoi yang buat saya tidak penting. Rasanya percuma kita membayar pajak untuk menggaji mereka. Selain bunyi sirine yang meraung-raung, lampunya juga menyilaukan.

Saya sudah berulang kali berpapasan atau berada di belakang mobil patroli polisi dan merasa tidak nyaman karena silau. Lampu sirine mobil polisi yang ada sekarang bukan lagi seperti lampu sirine beberapa tahun lalu. Lampu sirine yang ada sekarang bentuknya adalah lampu LED yang tingkat terangnya jauh lebih terang daripada yang dulu.

Ketika berpapasan saja, mata langsung silau. Begitu mobil polisi itu sudah berlalu, pandangan masih terasa gelap karena silau yang tadinya didapat. Contoh lain, pernah di suatu sore saya bawa motor di belakang mobil patroli polisi dengan lampu sirine yang nyala. Mobil itu berjalan dengan pelannya. Saya tidak bisa mendahului mengingat jalan dari arah sebaliknya dalam kondisi ramai padat. Yang saya bisa hanya berjalan pelan di belakang mobil polisi tersebut sambil mengumpat.

Mengapa saya tidak menegurnya? Jujur saya segan dan takut. Kenapa saya takut? Saya pun tidak tahu. Saya berharap pihak kepolisian meninjau ulang keberadaan sirine mobil polisi tersebut. Bisa jadi fenomena om telolet om berbahaya bagi pengendara kendaraan bermotor, tetapi lampu sirine mobil polisi juga mengganggu. Jika polisi berani menertibkan klakson telolet, semoga polisi juga berkenan menertibkan lampu sirine. Karena lampu sirine mobil polisi itu menyilaukan. :)