Header Ads

2017 Masih Ngeblog? Antara Motivasi dan Resolusi

"Ngapain sih ngeblog?", kurang lebih demikian pertanyaan yang sering saya dapat dari teman-teman saya. Atau "Aku pernah bikin blog tapi udah lamaaa banget". Memang blog pernah banyak dibuat oleh para pengguna internet. Ketika masa-masa ada friendter dan sejenisnya, memang masih banyak blog yang dibuat. Dan kini, memasuki 2017, blog-blog itu tinggal sejarah dan sampah virtual. Kini eranya adalah sosial media dan dunia telah berpindah tempat ke dalam genggaman. Blogger yang tersisa bisa dibilang "makhluk pilihan". Karena masih mau menulis panjang lebar sedangkan orang lain hanya sekedar post gambar atau membuat status. Meski ngeblog tidak harus menulis sih.


Dan di 2017 ini, blogger pun telah banyak yang lebih bermain di ranah menghasilkan uang. Banyak blogger yang menggarap blognya semacam portal dan/atau semacam swalayan. Entah berapa persentase perbandingan antara blog yang murni untuk uang dengan blog personal yang mana uang bukan segalanya. Di 2017 ini, saya masih saja bermain di ranah blog personal, meski jika ada yang mau memberi uang juga tidak saya tolak. 😁

Mengapa di 2017 saya masih ngeblog dan masih saja blog personal gado-gado? Kenapa, ya? Saya juga bingung, hehe. Ya saya suka saja dengan aktivitas blogging ini. Sosial media saya juga punya. Facebook, twitter, instagram, chat dengan whatsapp atau BBM layaknya pengguna lain juga saya lakukan. Yang membedakan saya dengan mereka adalah saya ngeblog. Saya menulis bukan hanya satu dua kalimat tetapi dalam ratusan kata. Saya hanya berpikir bahwa ketika saya hari ini menulis, suatu saat saya bisa membuka kembali tulisan saya ini. Sebagaimana ketika ada kasus, saya bisa mencari di postingan bahwa saya juga pernah membahas kasus serupa di beberapa bulan atau tahun lalu.

Dari ngeblog saya telah mendapat banyak manfaat, meski belum sebanyak mereka yang benar-benar menseriusi blognya. Uang, belum banyak sih. Tetapi kenal dengan blogger-blogger yang memiliki syarat akan pengalaman adalah benefit lebih yang harus disyukuri. Sebenarnya sudah sering saya tulis di postingan sebelum-sebelumnya mengapa saya ngeblog dan beberapa sudah saya rasakan manfaatnya sampai hari ini.

Di 2017 ini, target ngeblog saya apa? Monetize? Ah masalah rejeki sudah ada yang mengatur. Meski berdarah-darah memperjuangkan uang dari ngeblog tetapi jika memang tidak rejekinya di situ, ya bisa jadi tidak akan ada uang yang mengalir. Saya sih di 2017 ini tidak terlalu muluk-muluk, yang penting menulis dan menambah teman. Menulis buku? Semoga saja nanti waktu itu tiba. Saya sempat hiatus ngeblog dan rasanya ada momen-momen yang terlewatkan, itu rasanya sakit. Saya tidak ingin hal itu terjadi lagi. Terlebih sekarang saya menggunakan custom domain, jadi tidak ada alasan untuk ngeblog.

2017 masih ngeblog dan isinya blog personal? Kenapa tidak? Kita adalah "makhluk asing" yang tersisa di bumi. Siapa tahu karena ngeblog bisa ketemu sama jodoh. Eh, hahaha... 😂