Header Ads

Blogger Peserta Liga Blogger Indonesia 2017


Blogger Peserta Liga Blogger Indonesia 2017

Di liga blogger indonesia 2014 lalu, pernah ada tantangan untuk mereview empat blog peserta LBI 2014. Di LBI 2017 kali ini, kembali untuk mereview minimal tiga blog peserta. Jika dibandingkan LBI yang terdahulu, banyak yang tidak mengikuti LBI 2017. Dari keempat blog yang pernah saya review, hanya Iva Mairisti dengan Mungkinblog-nya yang masih ikut di LBI 2017 ini. Sehingga dengan saya pilih acak, dengan mengesampingkin blog milik iva, saya mencoba mereview secara sesingkat-singkatnya blog mereka.


Yang pertama adalah blog chemistrahmah.com. Dari namanya, kita dapat menebak kalau yang punya adalah mbak rahmah dan suka dengan ilmu kimia. Setelah baca (lebih tepatnya stalking) blognya, sepertinya beliau ini pernah menjadi staf pengajar atau dosen kimia. Yah, mata kuliah/pelajaran yang bagi sebagian orang benci, hehe. Dari tulisan mengenai personal branding miliknya, ia ingin dikenal sebagai blogger Surabaya meski berdarah Bugis. Dan karena latar belakang pendidikan ilmu kimianya, ia tidak akan pernah lepas dari bidang keilmuan tersebut.  Dengan desain blog warna ungu, di sidebar, banyak tertempel logo-logo komunitas, dan yang paling wow adalah, ia pernah jadi Emak of The Month dari KEB, salut. 


Blog yang kedua adalah bimbelseo.blogspot.co.id. Dari namanya, sudah sangat jelas kalau blog ini meng-niche-kan diri di bidang SEO dan hal-hal yang terkait dengan blogging. Dimiliki oleh Farhan Abdillah Dalimunthe mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik, ketika kita memasuki blog ini seperti blog komunitas karena dari header-nya tertulis "Blogger Community". Template yang digunakan pun memang terkhusus untuk SEO friendly.


Blog yang ketiga adalah blog afriantipratiwi.com. Blog personal yang dimiliki oleh blogger yang namanya sama dengan nama blog, Afrianti Eka Pratiwi, mahasiswi Ilmu Komunikasi Unsoed Purwokerto. Di blog ini, saya susah atau lebih tepatnya menu "about" atau sejenisnya, sehingga untuk cukup menyulitkan mengetahui siapa pemilik blog ini sebenarnya. Blog yang cukup sering terupdate ini, gambar yang besar menjadi pengiring setiap judul tulisan.

Pelajaran dari mereka bertiga yang bisa saya ambil adalah, blog mereka selalu terupdate. Yah, untuk blog Mbak Rahmah dan blog Afrianti Eka Pratiwi, mereka memiliki nilai alexa yang ramping. Beda dengan saya yang disindir sama Iva bisa buat beli iphone, delapan jutaan, haha. Bagaimana pun, kita ngeblog memang berusaha memberi manfaat bagi pembaca dan juga bagi diri kita. Blog Mbak Rahmah dan blog Afrianti Eka Pratiwi yang bersifat personal, dapat memberi manfaat dengan share pengalaman pribadi mengenai kehidupan, resensi buku, perjalanan, dan lain sebagainya. Sedangkan blog Farhan Abdillah Dalimunthe memberi manfaat mengenai bagaimana mengelola blog secara teknis. Karena ilmu yang dibagikan memang tidak akan pernah berkurang melainkan selalu bertambah.