Rumah Makan Mbak Sri

Saya secara administratif memang berada di wilayah Sleman, DIY. Tetapi, jarak rumah ke kota Jogja hampir sama dengan jarak ke magelang. Saya rasa warung makan yang bernama "Mbak Sri" itu jumlahnya banyak, terlebih di daerah saya, Jogja-Magelang, hehe.


Kebetulan kemarin saya sedang ada acara ke Magelang, sekitar  komplek kantor Kabupaten Magelang, sudah waktunya makan siang. Mencari di kanan kiri jalan seandainya ada tempat yang cocok untuk makan siang, ketemu rumah makan Mbak Sri. Tempatnya cukup strategis, jika jalan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur dianggap arah timur-barat, letak rumah makan berada di utara jalan. Atau berada di sebelah timur kolam renang Mendut. Parkirnya pun luas, dilengkapi dengan toilet dan mushala.

Sebenarnya di daerah sana, menu khas yang banyak dijajakan di beberapa rumah makan adalah mangut beyong. Beyong itu jenis ikan, kepalanya menurut saya menyerupai lele, dan ukurannya besar. Tetapi, siang itu saya sedang ingin makan makanan yang segar berkuah. Sedangkan mangut itu cenderung kental dan berminyak. Maka saya memesan soto ayam. Menu standar yang buat saya ga ada matinya, hehe. 



Saya bukan blogger kuliner bukan pula hunter. Jadi, penilaian saya ya soto ayam di sana enak. Tapi, ada kebiasaan saya jika makan soto (dan makanan berkuah lainnya semisal bakso) harus memakai sambal dan kecap. Sambal di sana buat saya jempol. Merahnya memang merah cabai, bukan merah tomat atau pewarna lainnya, pedasnya mantap. Cocok untuk siang yang panas, kuahnya panas, sambalnya hot.

Untuk harga, sayang saya lupa kemarin menanyakan detail harga makanan per porsinya. Tetapi untuk empat porsi, masing-masing 2 soto ayam, 2 porsi prasmanan, dan empat minum hanya habis tiga puluh ribuan. Muraaahhh....


Mencari tempat makan di Jogja dan Magelang termasuk di sekitar Candi Mendut hingga Candi Borobudur memang banyak pilihan, harganya terjangkau. Kalau mau makan di tempat Mbak Sri, banyak warung yang namanya Mbak Sri, hehe. Jadi, jangan pernah kapok berwisata di Jogja dan Magelang. :)