Header Ads

Ramadhan di Jogja

Bulan Ramadhan yang kita tunggu-tunggu telah hadir di tengah-tengah kita. Di beberapa tempat di Indonesia, penyambutan Bulan Ramadhan dilakukan dengan berbagai jenis kegiatan. Antara satu daerah dengan daerah yang lain mungkin ada sisi kesamaan dan ada pula perbedaan. Hal yang lumrah mengingat negeri ini terdiri dari berbagai macam suku bangsa beserta tradisinya.
Ramadhan di Jogja, Mesjid gedhe kauman

Kalu di daerah saya, Sleman, DI Yogyakarta, Bulan Sya'ban sudah terlihat bagaimana geliat masyarakat dalam hal tradisi dan religi. Bulan Sya'ban, atau dalam penanggalan Jawa disebut Bulan Ruwah, diisi dengan acara sadranan/nyadran. Acara ini adalah semacam ziarah kubur secara bersama-sama. Di daerah Magelang, acara ini diselenggarakan secara meriah, anggota  keluarga besar bisa mudik dan berkumpul layaknya lebaran.

Acara selanjutnya, biasanya pada H-1 Ramadhan diadakan padusan. Acara ini setahu saya ari kata "adus" atau mandi yang bermakna ketika memasuki Bulan Ramadhan kita harus bersih lahir batin. Tetapi belakangan, acara padusan lebih terasa seperti pesta atau liburan yang diselenggarakan di tempat keramaian semisal pantai.

Di Bulan Ramadhan, ada acara selikuran. Acara ini diselenggarakan di waktu memasuki tanggal selikur atau dua puluh satu diBulan Ramadhan. Acara ini dimaksudkan karena ada pesan bahwa Malam Lailatul Qadar jatuh di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan.

Para Pencari Takjil

Anda termasuk golongan para pencari majelis ilmu ataukah para pencari takjil? Di Jogja, dua-duanya akan Anda dapatkan, ilmunya dapat takjilnya juga dapat. Banyak atau bahkan hampir semua masjid menyelenggarakan buka puasa bersama di masjid. Jika Anda sedang dalam keadaan bepergian dan ingin berbuka puasa, bisa langsung mampir ke masjid terdekat untuk mendapatkan takjil.

Atau jika memang Anda memang ingin berburu takjil, ada beberapa tempat memang menjadi primadona. Sebut saja  Masjid Gedhe Kauman, Masjid Kampus UGM, Masjid Ulil Albab UII (saya harus menyebutnya karena ini kampus saya, hehe), Masjid Jogokariyan, Masjid Syuhada, dan masih banyak lagi lainnya.

Bisa dibilang dalam hal kajian dan menu, masjid-masjid ini memberikan hal yang spesial. Ada yang menarik dilakukan oleh Masjid Kampus UGM. Jika jadwal pemateri kajian buka puasa bersama sudah dianggap mainstream, maka di Ramadhan 1438 H ini selain jadwal pemateri juga ada jadwal menu buka puasa selama sebulan ke depan, sebagaimana yang tersiar di beberapa media sosial (silakan klik gambar untuk memperbesar).
Ramadhan di Jogja, pemateri masjid kampus UGM

Ramadhan di Jogja, materi masjid kampus UGM

Ramadhan di Jogja, menu takjil masjid kampus UGM

Jadwal tersebut baru di Masjid Kampus UGM. Tentu di Masjid-masjid yang lain tidak kalah menariknya. Salah satunya kampung Ramadhan Masjid Jogokariyan. 
Ramadhan di Jogja, kampung ramadhan masjid jogokariyan

Alhamdulillah di hari ke dua Bulan Ramadhan ini (kemarin sore) saya berkesempatan berbuka puasa di Mesjid Gedhe Kauman dengan pembicara Kapolda DIY. Oh iya, untuk Mesjid Gedhe Kauman, setiap hari Kamis ada menu gulai kambing. Insya Allah masih ada waktu-waktu ke depan untuk berburu ilmu (dan takjil) di masjid yang lain. :)