Header Ads

5 Fakta Kehidupan Orang Jepang Mengkonsumsi Ikan dan Daging Mentah

Seperti yang telah kita ketahui melalui banyak artikel tentang kehidupan, makanan orang jepang kebanyakan menggunakan ikan dan daging yang tidak dimasak atau dimasak setengah matang. Tradisi ini tentunya sangat sulit apabila diterapkan di Indonesia bukan. Padahal dengan mengkonsumsi daging tanpa dimasak, kandungan yang ada dalam ikan dan daging akan utuh masuk dalam tubuh.

5 Fakta Kehidupan Orang Jepang Mengkonsumsi Ikan dan Daging Mentah

Tentu ada pertanyaan besar, mengapa di jepang menerapkan kebiasaan seperti itu. Padahal Indonesia saja yang wilayah negaranya lebih dari dua pertiganya adalah lautan tidak menerapkan kebiasaan itu. Ada fakta apa saja dibalik semua itu.

Alasan Orang Jepang Suka Mengkonsumsi Ikan Dan Daging Mentah

Lalu sebenarnya apasih alasan kebiasaan orang jepang mengkonsumsi ikan dan daging mentah. Penasaran? Inilah alasannya.

1. Kualitas Laut Terbaik
Alasan kebiasaan orang jepang mengkonsumsi ikan dan daging mentah pertama adalah kualitas laut yang baik di jepang. Pada dasarnya ikan di seluruh dunia ini sama bukan. Namun yang membedakan hanyalah habitat ikan tersebut. Jepang mempunyai kualitas laut yang baik. Laut jepang yang bersih dan terbebas dari polusi itulah yang menjadi alasan mengapa warga jepang tidak ragu untuk mengkonsumsi ikan mentah. Sangat berbeda dengan Indonesia kan guys.

2. Mempertahankan Cita Rasa Alami
Warga jepang mempunyai tradisi untuk mempertahankan cita rasa ikan dan dagimg yang hendak dikonsumsi. Oleh karena itu mereka juga meminimalisir proses memasak agar cita rasa yang alami itu tidak hilang. Wah ternyata itu yang menjadi alasan warga jepang lebih suka makan ikan dan daging mentah ya guys.

3. Letak Geografis Yang Strategis
Alasan kebiasaan warga jepang mengkonsumsi ikan dan daging mentah selanjutnya adalah letak geografis yang strategis. Jepang mempunyai letak geografis yang strategis, dimana di jepang terdapat pertemuan antara arus laut yang hangat dan dingin. Inilah yang menjadi alasan mengapa jepang mempunyai kekayaan alam berupa ikan yang beraneka ragam.

4. Proses Sterilisasi Yang Canggih
Alasan kebiasaan warga jepang mengkonsumsi ikan dan daging mentah terakhir adalah karena jepang menggunakan proses sterilisasi yang canggih. Ternyata warga jepang dalam mengkonsumsi ikan dan daging mentah juga tidak asal lho guys. seperti contoh daging ayam yang digunakan untuk membuat torisashi. Sejak masih di dalam telur, ayam tersebut sudah di sterilisasi dengan baik. Begitu juga dengan daging-daging lain, sejak kecil sudah di sterilisasi agar tidak terdapat virus. Hebatnya virus salmonella yang sempat menghebohkan dunia, tidak membuat warga jepang berhenti mengkonsumsi ikan dan daging mentah lho guys. itu semua karena proses sterilisasi sudah dilakukan sejak kecil sehingga terbebas dari virus salmonella.

5. Lebih Sehat
Fakta membuktikan angka harapan hidup penduduk jepang paling tinggi jika dibandingka dengan negara-negara lain. Tentu ada pertanyaan besar dibalik itu semua. Walau mengkonsumsi daging dan ikan mentah bukanlah satu-satunya alasan angka harapan hidup mereka tinggi, tapi setidaknya itu juga berpengaruh besar, mengingat kesehatan selalu datang dari apa yang kita konsumsi.

Sekarang sudah tahu kan alasan kebiasaan orang jepang mengkonsumsi ikan dan daging mentah. Lantas menurut kalian apakah bisa Indonesia menerapkan kebiasaan yang sama? Sepertinya cukup sulit. Padahal warga jepang juga makan nasi, sama seperti indonesia. Bedanya mereka tidak menganggap kalau belum makan nasi belum makan selayaknya yang ada di Indonesia. Dan juga mereka punya kebiasaaan baik demi kesehatan hidup mereka sebagaimana artikel tentang kehidupan banyak sebutkan.