Header Ads

Menilai Qwords dalam 5 Dimensi Kualitas Pelayanan

Beberapa hari yang lalu ketika saya sedang jalan-jalan ke pameran komputer di Jogja Expo Center, saya menyempatkan mampir di booth stand Qwords. Mampir saja tapi tidak melakukan transaksi pembelian, hehe. Habisnya saya baru beberapa hari sebelumnya saya melakukan renewal domain blog ini. Di booth Qwords, saya ngobrol dengan Mbak Windi, marketing Qwords, terkait dengan diskon dan masalah teknis terkait domain blog saya yang lain. Saya mengenal Mbak Windi ini ketika saya membeli domain blog ini di pameran serupa setahun lalu dan dia ternyata tidak lupa dengan wajah saya, hehe. Di sela-sela obrolan, Mbak Windi mengingatkan saya untuk ikut lomba blog Qwords.

Menilai Qwords dalam 5 Dimensi Kualitas Pelayanan
Foto setahun lalu ketika saya membeli domain untuk blog ini
Kita diminta untuk memberikan penilaian atau kesan dan pesan atas layanan Qwords Cloud Web Hosting. Agar terlihat agak keren dan agak ilmiah kita gunakan teknik penilaian kualitas (service quality/servqual) yang dipublikasikan oleh Parasuraman, Berry, dan Zeithaml dengan saya sendiri sebagai respondennya. Nama-nama tersebut tentu tidak asing bagi mereka-mereka yang menggeluti bidang kualitas pelayanan. Namanya juga cuma agak ilmiah, ya tentu tidak sepenuhnya ilmiah tapi subjektif saya sendiri, hehe.

Ada lima aspek dimensi kualitas yang dikenalkan oleh Parasuraman dkk. Mari kita sebutkan satu per satu dengan Qwords sebagai objek penilaiannya.

1. Tangible, terkait dengan hal-hal yang fisik dan kasat mata. Sebenarnya ini akan terasa ketika kita masuk ke kantor Qwords. Jika memang kantornya beserta entitas dan atribut-atributnya terlihat apik, maka Qwords berkualitas di dimensi tangible ini. Sayangnya saya belum pernah datang dan masuk ke sana. Tapi kalau saya melihat postingan instagram Qwords dan teman-teman yang pernah berfoto di sana, sepertinya bagus.

Kalau dari booth pameran yang ketika saya datangi dan ternyata ada booth Qwords, biasanya terlihat sederhana bersih tidak berantakan. Sayangnya pameran terakhir kemarin tertutup booth salah satu surat kabar sehingga kurang terlihat. Tapi itu sepertinya penyelenggara pameran yang lebih harus mempertanggungjawabkannya. Penampilan marketing yang jaga, dalam hal ini Mbak Windi dan teman-temannya (kalau kemarin sama siapa ya, lupa ga kenalan) bagus, sebagaimana mestinya.

Bagaimana dengan tampilan dashboard client? Buat saya di dalamnya sederhana, mudah digunakan, mudah dipahami bagi saya yang tidak selalu bergulat dengan pengembangan web. Saya sebenarnya pernah menggunakan layanan di tempat lain, saya harus akui bahwa kesederhanaan dashboard di Qwords justru menjadi nilai lebih daripada layanan lain yang banyak panel tapi saya bingung menggunakannya.

2. Reliability, terkait dengan kemampuan Qwords dalam memberikan pelayanan sesuai harapan konsumen. Apakah blog yang menggunakan layanan Qwords sering down? Karena saya bukan admin web beneran, jadi saya belum pernah mengalaminya. Qwords menjanjikan uptime hosting di atas 99.99%. Jika memang 99.99% saja yang menjadi SLA dari Qwords, maka ia berjanji bahwa tidak akan down lebih dari 52.56 menit per tahun, atau 4.32 menit per bulan, atau 1.01 menit per bulan. Jika melebihi itu, kita berhak komplain. Untuk saya, nilai segitu sudah luar biasa dengan harga yang terjangkau. Saya pun sejauh ini belum pernah mendengar keluhan website down di layanan Qwords.

3. Responsiveness, terkait dengan kecakapan dan ketanggapan atas pelayanan. Ketika saya order domain atau hosting, setelah saya melakukan konfirmasi pembayaran, saya tidak butuh terlalu lama untuk menikmati layanan yang dibeli. Itu artinya pihak Qwords segera merespon pesanan saya tanpa nanti-nanti. Bahkan saya pernah order di waktu malam (bukan dini hari sih) dan dilayani dengan cepat. Apa stakeholder di sana ga punya rasa ngantuk apa ya, hehe. Terkait dengan tiket, sudah lama sekali saya tidak mengirim tiket, jadi saya tidak bisa memberi penilaian.

Terakhir kemarin saya bertanya kepada Mbak Windi terkait dengan teknis, karena ia bidangnya marketing maka dia bertanya dulu ke bagian teknis. Bagian teknis menjawab dan Mbak Windi menyampaikan ulang kepada saya. Saya rasa respon yang diberikan cukup baik. Pertanyaan dan rasa penasaran saya terjawab di sana.

4. Assurance, terkait dengan jaminan dan kepastian yang dihasilkan dari sikap dan komunikasi. Yang utama di sini adalah komunikasi. Selama saya mengenal Mbak Windi, atau pun siapa yang ada di booth pameran Qwords, sikap komunikasi menawarkan layanan tidak lebay. Kan banyak tuh marketing yang lebai dalam menarik pelanggan, adanya bukan simpati tetapi justru eneg. Tapi di Qwords saya merasa nyaman (halah nyaman... haha).

5. Empathy, terkait bagaimana Qwords tahu keinginan konsumen secara akurat. Pernah saya mau membelikan hosting dan domain untuk blog warung milik teman. Eh sama Mbak Windi justru ditawari layanan 1juta domain .id. Setelah dijelaskan bagaimana plus minus-nya saya pun tertarik, uang yang diberikan teman saya untuk berbelanja saya kembalikan utuh. Ini menunjukkan bahwa ada rasa simpati dari Qwords untuk memberikan pelayanan yang baik, khususnya harga.

Qwords, saya dengar dari beberapa teman yang menggunakan layanannya, dikenal dengan layanan yang sering bagi-bagi diskon, termasuk #QwordsSALEbration. Selain diskon, kuis berhadiah domain atau hosting pun banyak. Itu juga berarti bahwa Qwords selain mencari pasar juga ingin selalu dekat dengan pelanggan. Dan di sini terlihat Qwords tahu kalau kita-kita adalah pemburu kuis dan diskon, haha.

Itu tadi bagaimana analisis sok tahu saya terkait layanan Qwords dengan menggunakan dimensi kualitas Parasuraman dkk. Jika Anda lebih tahu tentang layanan Qwords dan atau lebih tahu tentang servqual, mohon saya dikoreksi.

Eh sarannya belum ya? Saya tidak tahu harus menyarankan apa, sebab sejauh ini saya puas dengan layanan Qwords. 12 tahun bukan waktu yang sebentar bagi sebuah perusahaan, sukses terus untuk Qwords. 😊