Header Ads

TRIZ Level 1 Training and Certification

Alhamdulillah, pada 8-9 November 2017 telah terselenggarakan TRIZ Level 1 Training and Certification di Gedung Prof Sardjito Universitas Islam Indonesia. Training dan Sertifikasi ini di selenggarakan oleh MyTRIZ (Asosiasi TRIZ Malaysia) bekerja sama dengan KAUNI (Kantor Aliansi Universitas dan Industri Universitas Islam Indonesia). Training disampaikan oleh Dr TS Yeoh dari MyTRIZ, dimana beliau bekerja di Intel Malaysia.


Dalam training ini diajarkan mengenai antara lain apa itu konsep dasar TRIZ, inventive problem, Function analysis, Trimming, Contradiction, dan lain sebagainya sebagaimana kurikulum TRIZ level 1 dan ditutup dengan tes sertifikasi. Secara sederhana, TRIZ ini merupakan hasil "menambang" ilmu yang digunakan dalam paten. Paten-paten yang didaftarkan di luar sana ternyata memiliki pola yang hampir sama satu dengan lainnya. Kesamaan-kesamaan itu yang kemudian mendasari TRIZ ini muncul. Bukan kebetulan jika Genrich Altshuller merupakan pegawai paten yang menciptakan TRIZ ini.

Training dan Sertifikasi level 1 TRIZ di UII kali ini merupakan generasi ketiga setelah sebelumnya pada 2014 terselenggara untuk generasi pertama, dan pada bulan Agustus 2017 lalu terselenggara pada generasi kedua. Untuk saat ini, di Indonesia belum memiliki asosiasi TRIZ yang menginduk pada MATRIZ, asosiasi TRIZ Internasional. Sehingga sertifikasi yang ada ini merupakan sertifikasi TRIZ oleh MyTRIZ. Dalam hal ini MyTRIZ membantu terbentuknya InTRIZ, asosiasi TRIZ Indonesia yang rencananya akan berlokasi di UII. Di sela-sela agenda Dr TS Yeoh mengisi training, beliau juga bertemu dengan Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D terkait akan berdirinya InTRIZ di UII.

Sebagai follow up dari training dan sertifikasi ini, pada awal tahun 2018 nanti akan diadakan training dan sertifikasi TRIZ level 2 (practitioner) dan level 1 (instructor). Sehingga harapannya nanti para peserta training dan sertifikasi dapat menularkan "virus" TRIZ beserta inovasinya di Indonesia dan InTRIZ bisa benar-benar berdiri dan diakui oleh MATRIZ.