Header Ads

Mengenal Apa Itu Bitcoin dan Sejarah Singkatnya!

Bagi orang awam, sepertinya istilah bitcoin masih sangat asing. Namun, bagi kalangan yang melek akan teknologi, tentu sangat mengenal apa itu bitcoin. Sebagai info saja, di Indonesia sendiri harga 1 bitcoin-nya pernah dihargai dengan nilai 300 juta rupiah, harga yang sangat fantastis bukan.
Mengetahui info tersebut, mungkin Anda semakin penasaran “sebenarnya apa sih bitcoin itu?”. Untuk menghilangkan rasa penasaran yang ada dipikiran Anda, berikut ini akan saya bahas sedikit mengenai apa itu bitcoin dan sejarah singkatnya.

Mengenal Apa Itu Bitcoin dan Sejarah Singkatnya!

Mengenal apa itu bitcoin

Definisi sederhana dari bitcoin adalah mata uang virtual yang hanya tersedia dalam bentuk digital. Jadi anda tidak akan pernah menemukannya dalam kehidupan nyata seperti layaknya mata uang yang biasa anda gunakan untuk membeli barang.
Meskipun berbeda, namun bitcoin memiliki fungsi yang sama dengan mata uang resmi/konvensional yang sebagai media pembayaran. Bitcoin juga bisa ditukarkan menjadi mata uang kertas.

Bitcoin sendiri masih menjadi polemik diberbagai negera, di Indonesia sendiri keberadaan bitcoin menjadi perhatian khusus dari pihak Bank Indonesia. Meskipun demikian, perkembangan bitcoin di Indonesia terbilang cukup cepat. Terlihat dari semakin banyaknya orang yang melakukan transaksi menggunakan mata uang virtual ini.

Mengenal sejarah bitcoin

Setelah pertanyaan apa itu bitcoin sudah terjawabkan, tentu Anda ingin menanyakan tentang sejarahnya bukan? Dan berikut ada ulasan sejarah singkat bitcoin. Mata uang digital ini pertama kali keluar pada tahun 2009 yang lalu oleh pihak yang menamakan kelompoknya Satoshi Nakamoto.

Perlu anda ketahui, Satoshi Nakamoto bukanlah nama orang melainkan ID di sebuah forum organisasi yang mempelajari teknologi peer-to-peer. Tidak jarang, ada yang mengatakan bahwa pemilik ID tersebut adalah seseorang bernama Dorian Nakamoto, akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa ID tersebut milik Charlie Lee, seorang yang menemukan dan menciptkan litecoin. Namun, yang benar tidak ada yang tahu pasti.

Hal Finney merupakan orang pertama yang melakukan transaksi pembayaran menggunakan bitcoin, dia adalah seorang programmer dan pada saat itu transaksi yang dilakukannya sebesar 10 bitcoin. Pada tahun 2010, Satoshi Nakamoto memutuskan untuk menghentikan pengembangan bitcoin dan kemudian menyerahkannya ke Gavin Andresen yang saat ini menjabat di Bitcoin Foundation sebagai pimpinan.

Mungkin hanya itu informasi yang dapat saya berikan mengenai apa itu bitcoin dan sejarah singkatnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda mengenai bitcoin.