Alternatif Belanja Online

pernah belanja online? saya pernah tapi sudah beberapa tahun yang lalu. belanja online memang menjadi salah satu alternatif cara belanja dan sedang menjadi tren. ada banyak macam metode online shop mulai dari model jualan di facebook, membuat website khusus online shop, dan lain sebagainya. ada salah satu alternatif website belanja online yaitu zalora.co.id. situs ini memfokuskan diri pada fashion baik untuk pria maupun wanita.

ketika saya pertama kali mendengar brand zalora, selain membuka web resminya, saya search google. ternyata zalora bukan hanya ada di online shop berdomain co.id atau untuk pasar indonesia. zalora juga ada di domain malaysia, singapura, pilipina, hongkong, dan lainnya. meski demikian, "wajah" di masing-masing negara memiliki kemiripan atau bisa dikatakan terstandardisasi. ini pertanda baik karena standardisasi menandakan profesionalisme dari entitas tersebut.

standard bukan berarti kaku. ada kekhasan dari masing-masing negara. misal untuk Indonesia, karena mayoritas masyarakatnya adalah muslim, maka zalora juga menyediakan produk pakaian muslim. Indonesia juga khas dengan batik, maka zalora juga menyediakan produk batik. berbeda lagi dengan di negara lain.

ada harga ada rupa. zalora menyediakan produk dengan harga bervariasi. mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. dilihat dari produknya, harga yang memiliki kualitas lebih harganya pun lebih. mahal itu relatif tapi bisa dibandingkan dengan produk yang dijual di tempat yang sama dengan kualitas produk dan brand yang berbeda pula.

bagaimana dengan ongkos kirim? zalora memberikan fasilitas free shipping atau bebas biaya kirim. ini hal yang bagus karena sering kali kita ketika berbelanja kadang bingung mengenai biaya kirim yang biasanya kita tanggung. padahal saya sudah senang dengan info free shippng, eh ternyata syarat dan ketentuan berlaku :D

saya belum bisa menyampaikan bagaimana kualitas produknya, mungkin lain kali kalau ada rezeki dan produknya ada di tangan bisa saya sampaikan.