Header Ads

Membangun Generasi Emas Melalui Lentera

Menyiapkan generasi emas, demikian cita-cita dari rekan-rekan dan adik-adik Taman Kreativitas Anak "Lentera". Belajar bukan hanya di dalam kelas. Bermain dengan disisipi dengan nilai-nilai pembelajaran demikian aktivitas TKA Lentera. Mereka mengembangkan nilai-nilai hard skill sekaligus soft skill kepada anak-anak usia sekolah dasar. Kelihatannya mereka sedang bermain, tetapi ada sisi pembelajaran di sana. kegiatan ini mereka lakukan setiap hari Sabtu sore dan kadang juga ditambah hari Minggu pagi.

Pemotongan tumpeng 1 tahun TKA Lentera
Pemotongan tumpeng 1 tahun TKA Lentera
Demikian memori kegiatan TKA Lentera selama setahun ke belakang yang mana foto serta video diputar kembali pada acara peringatan satu tahun TKA Lentera. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu malam 22 September 2018 di "sekolah" TKA Lentera ini dihadiri oleh para siswa TKA Lentera beserta orang tua, tokoh masyarakat Padukuhan Soka Binangun, Babinkamtibmas Desa Merdikorejo, relasi jaringan yang telah terbangun, serta masyarakat secara umum. Acara diisi dengan pemotongan tumpeng serta dongeng dari Kak Damar, serta menampilkan pentas seni tari oleh 12 siswa putri Lentera dan kubro siswo oleh 20an siswa putra. Peringatan satu tahun TKA Lentera kali ini mengambil tema "Mewujudkan generasi emas Indonesia dengan membangun mimpi bersama jiwa-jiwa suci yang berdedikasi dan menginspirasi".

Tokoh masyarakat serta Babinkamtibmas Desa Merdikorejo di TKA Lentera
Tokoh masyarakat serta Babinkamtibmas Desa Merdikorejo
Baca juga bagaimana WKSBM Bakti Mulia mengabdi kepada masyarakat.

TKA Lentera secara umum dikelola oleh rekan-rekan karang taruna "Permadi" Padukuhan Soka Binangun, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Kegiatan ini awalnya digagas oleh tiga orang anggota yang mendampingi anak-anak, kini telah berkembang. Dengan lima atau enam orang pendamping utama dibantu oleh rekan-rekan anggota karang taruna lainnya, kini TKA Lentera juga dibantu oleh mitra kerja sama yang terjalin. TKA Lentera telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, khususnya dengan rekan-rekan mahasiswa salah satunya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMA PADP) FE UNY. Kerja sama dengan pemerintah desa pun terjalin, juga dengan mahasiswa-mahasiswa kampus lainnya. 

Persembahan tari oleh siswa putri TKA Lentera
Persembahan tari oleh siswa putri
Penampilan kubro siswo oleh siswa putra TKA Lentera
Penampilan kubro siswo oleh siswa putra
Acara yang diadakan malam minggu ini sekaligus memberikan gambaran kepada orang tua siswa bagaimana kegiatan yang selama ini mereka adakan. Bagaimana cara mereka bermain-main dengan kerajinan tangan, berpakaian adat, berkotor-kotor, acara ke suatu lokasi wisata kreatif, kunjungan ke museum dirgantara dan perpustakaan grhatama pustaka, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Hal ini karena tidak semua warga terkhusus orang tua tidak benar-benar tahu apa yang dilakukan oleh anak-anaknya. Dan pentas seni berupa tari diharapkan memberi kebanggaan tersendiri bagi orang tua atas anak-anaknya. Siapa sih orang tua yang tidak bangga kalau anaknya mau dan berani tampil?

Dongeng oleh Kak Damar
Dongeng oleh Kak Damar
Acara juga diisi dengan dongen dari Kak Damar dengan mengangkat materi "Ibuku Sahabatku". Tema ini diangkat mengingat orang tua pernah mengalami masa kanak-kanan sedangkan anak-anak belum pernah menjadi orang tua. Dongeng ini menceritakan bagaimana seorang anak yang rajin beribadah dan patuh kepada orang tua, sebaliknya orang tuanya menyayangi si anak. Meskipun hadirin terdiri dari generasi yang berbeda, tetapi mereka dapat mengikuti dengan seksama dan penuh antusiasme.

Membina anak-anak adalah perjalanan yang panjang. Menjadi desa ramah anak adalah satu dari sekian banyak perjalanan yang harus ditempuh. Karena di tangan mereka nantinya kehidupan akan diserahkan. Kalau dalam cerita Naruto, Asuma pernah membisikkan sesuatu kepada Shikamaru, siapa raja di Konoha layaknya permainan shogi/catur? Ia adalah anak-anak Konoha yang nanti melindungi kampung. Dan lewat TKA Lentera ini semoga nanti dihasilkan generasi emas di masanya.