Header Ads

Banjarmasin Mungkin Harus Siapkan XXI Tambahan Selain Studio XXI

Sebagai ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin memiliki populasi yang luar biasa padat. Selain penduduk asli, Banjarmasin juga dibanjiri pendatang dari berbagai propinsi di Indonesia, termasuk dari Jawa. Tetapi, kota sebesar Banjarmasin tidak memiliki terlalu banyak pusat perbelanjaan, kendati geliat perekonomian di kota ini bisa dibilang sangat maju.

Kendati banyak pusat perbelanjaan, namun tidak banyak mal yang memiliki fasilitas sebanyak Banjarmasin Duta Mall. Mal ini tidak hanya terdiri dari berbagai tenant ternama, tetapi juga hotel dan juga bioskop. Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Bioskop selalu menjadi tempat hiburan terfavorit di kota manapun di Indonesia.

Kunjungan ke Duta Mal Banjarmasin memang selalu tinggi. Tetapi, mayoritas pengunjungnya memiliki tujuan utama, yakni menonton di Bioskop XXI. Sayangnya, hanya ada satu XXI di kota sebesar Banjarmasin. Bisa dipastikan, bioskop ini selalu dipadati pengunjung. Apalagi, hanya ada enam studio XXI yang dipastikan selalu penuh. Bahkan selama hari Senin hingga Kamis, enam studio yang tersedia tak pernah kehabisan pengunjung.

Selama ini, pengunjung gedung bioskop merasa puas dengan pelayanan yang ada. Terlepas dari berjubelnya penonton, terutama di akhir pekan, kenyamanan pengunjung saat menonton di dalam studio selalu menjadi prioritas utama. Tempat duduk standar XXI juga sudah diterapkan, serta pendingin ruangan yang juga membuat para penonton terbuai setelah terpapar iklim panas kota Banjarmasin.

Fasilitas umum yang disediakan di Studio XXI Banjarmasin cukup bagus, meskipun mungkin harus ditambah. Toilet yang tersedia memang cukup besar. Namun, tetap saja antrian tak kunjung habis, terutama usai pertunjukan. Fasilitas lainnya adalah café XXI dengan hidangan makanan dan minuman khas seperti burger, hotdog dan French fries, disertai dengan beberapa minuman ringan, dan tidak menyediakan minuman keras.

Hanya saja, beberapa pengunjung merasa tidak nyaman saat harus mengantri tiket untuk film-film box office. Antrian bisa sangat panjang hingga mencapai pintu luar studio. Maklum saja, hanya ini bioskop yang ada di ibukota Kalimantan Selatan. Intinya, Banjarmasin harus menambah jumlah gedung bioskop XXI supaya para pengunjung tak perlu repot antre tiket untuk menonton film barat terbaru box office. Sering sekali terjadi, dimana film terlaris Hollywood tetap dibanjiri pengunjung yang antre mengular, meskipun film tersebut sudah ditayangkan selama tujuh hari berturut-turut.

Tiket masuk Studio XXI bisa dibilang cukup mahal dimana tarif Rp 40.000 per orang diterapkan di hari Senin hingga Kamis, Rp 50.000 untuk hari Jumat dan Rp 60.000 untuk akhir pekan dan libur nasional. Mayoritas penonton di bioskop ini menyukai film berkualitas, terutama film Hollywood! 

Banjarmasin Mungkin Harus Siapkan XXI Tambahan Selain Studio XXI

Di awal April 2017, film “Danur: I Can See Ghosts” menjadi film yang paling sering disebut dalam cuitan para pengguna Twitter yang menonton di Studio XXI Banjarmasin di beberapa hari terakhir. Sedangkan film yang mendapat respon sangat positif selama dua pekan berturut-turut adalah “Beauty and The Beast”, dimana antrean penonton tetap sangat panjang kendati film ini ditayangkan untuk Midnight Show

Beberapa fasilitas yang belum dimiliki oleh Studio XXI adalah pembelian tiket melalui M-tix. Hal ini menjadi pekerjaan rumah dari pemilik Cineplex 21 group sehingga kenyamanan penonton dapat dimaksimalkan. Keluhan antrean panjang sering terjadi, tetapi bioskop ini terbukti tak pernah sepi. Namun, alangkah baiknya apabila ada penambahan gedung bioskop XXI di pusat perbelanjaan lain di ibukota Kalimantan Selatan ini.

Patut ditunggu apakah Studio XXI akan menambah studio The Premiere untuk ke depannya. Hal ini bukannya tak mungkin, mengingat animo masyarakat Banjarmasin yang sangat tinggi dalam menikmati tayangan film-film bioskop berkualitas. Atau mungkin, akan ada studio IMAX demi menampung penonton dalam jumlah besar dalam satu studio? Kita tunggu saja.